Repository Universitas Andalas

Tanggung Jawab Kasir Sebagai Pelayan Toko Terhadap Kesalahan Dan Kelalaian Pada Matahari Supermarket Cabang Padang

Siswani, Wita (2008) Tanggung Jawab Kasir Sebagai Pelayan Toko Terhadap Kesalahan Dan Kelalaian Pada Matahari Supermarket Cabang Padang. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (Tanggung Jawab Kasir Sebagai Pelayan Toko Terhadap Kesalahan Dan Kelalaian Pada Matahari Supermarket Cabang Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304Kb) | Preview

Abstract

Setiap kasir pasti mempunyai hak dan kewajiban dalam menjalankan pekerjaannya. Hak dan kewajiban tersebut pada prinsipnya akan melahirkan Tanggung jawab. Tanggung jawab kasir di Matahari Supermarket Cabang Padang adalah di bidang keuangan. Di mana jumlah uang hasil transaksi pembayaran dengan konsumen harus sesuai dengan jumlah jurnal kas pada mesin cash register. Apabila terjadi kekurangan pada perhitungannya, maka kasir harus bertanggung jawab atas kerugian tersebut. Karena hal tersebut muncul keinginan untuk membahas permasalahannya. Permasalahan yang diangkat adalah: Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan atau kelalaian kasir di Matahari Supermarket Cabang Padang, bagaimanakah tanggung jawab kasir jika terjadi kelalaian dan kesalahan dan apakah kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan tugasnya dan bagaimana cara mengatasinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan masalah dengan yundis sosiologis. Dari hasil penelitian didapat bahwa faktor penyebab terjadinya kesalahan dan keiaiaian adalah kondisi fisik kasir yang letih dan lelah karena bekerja, kasir kurang hati-hati dan kurang waspada dalam bertugas dan konsumen yang terlalu ramai menunggu untuk membayar sedangkan kasir bekerja sendiri. Tanggung jawab kasir jika teqadi kesalahan dan kelalaian adalah mengembalikan uang sebesar kerugian ditimbulkan. Kendala dan cara mengatasinya jika mesin cush register rusak dapat meminta bantuan dengan teknisi, jika barcode tidak dapat di seam dicari stock keeping unit, jika konsumen terlalu ramai akan dikerahkan lebih personil, lika konsumen komplain dengan kasir dapat meminta bantuan kepada atasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 02:10
Last Modified: 04 Oct 2011 04:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item