Kristiani, Gestieka Maria (2008) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH PADA PT. RIZKI PRATTWI MULIA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum..
|
PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH PADA PT. RIZKI PRATTWI MULIA PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (387Kb) | Preview |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan isu yang semakin mengahangat akhir- akhir ini, kondisi itu tidak bias dilepaskan dari kenyataan bahwa manusia selalu melekat pada prediket sebagai konsumen, yakni pemekai barang dan/atau jasa yang tersedia didalam masyarakat, baik untuk kepentiangan sendiri, keluarga orang lain dan tidak untuk diperdagangkatr. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kesenjangan antara kedudukan pelaku usaha dan konsumen, karena kesenjangan kedudukan antara pelaku usaha dan konsumen itulah maka diperlukan perlindungan konsumen sebagai segala upaya untuk menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, salah satu bentuki keenjangan itu terlihat dalam perjanjian jual beli rumah pada PT. Rizki Pratiwi Mulia. PT. Rizki Pratiwi Mulia merupakan salah satu perusahaan perumahan swasta (Developer) yang ikut berpartisipassi dalam pembangunan yang rnernasark annya dengan prosedur jual beli. Dalam melaksanakan transaksi tesebut, para pihak tersebut tidak mengetahui tentang keadaan yang akan terjadi di kemudian hari. Berdasarkan rumusan diatas, maka timbul ketertarika untuk mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan pembelian rumah pada PT. Rizki Pratiwi Mutiq bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumennyq dirn apa saja kendala-kendala dalam pemberian perlindturgan konsumen beserta penyelesaiannya. Penelitian ini bersifat yuridis sosiologis. Data yang telah diolah, dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian diketatrui bahwa pelaksanaan pe{anjian pembelian rumah pada PT. Rizki Pratiwi Mulia dapat dilalarkan secara tunai maupun kredit dengan melakukan pernesanan terlebih dahulu disertai pernbayaran booking .fee (uang pemesanan) sebagai tanda telah dilakukan perjanjian jual beli, barulah setelah itu dilakukan penendatangan perjanjian jual beli yang bersifat baku karena bentuk dan isinya telatr ditentukan oleh pihak develaper- Mengenai perlindungan hukum, apabila terjadi wanprestasi oleh pihak developer maka akibatnya adalah pemenuhan perjanjian dan/atau penggantian terhadap konsumen yang dirugikan, dan juga terdapat masa pemeliharaan rumah selama 100 (seratus) hari, sejak hari penyerahan rumah oleh pihak develaper, tetapi jika lewat 100 (serafus) hari maka kerusakan pada rumah menjadi tanggung jawab konsumen sepenuhnya. Kendala yang dihadapi dalam hal pemberian perlindungan konsumen, sejauh ini dapat dikatakan tidak ada, baik itu yang berasal dari pihak konsumen maupun dari pihak PT. Rizki Pratiwi Mulia itu sendiri, karena para pihak dapat menempuh dengan jalan damai, tetapi apabila tidak dapat ditempuh dengan jalan damai tersebut, maka dapat diajukan ke pengadilan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | KREATIF zulka hendri |
Date Deposited: | 18 Apr 2011 05:46 |
Last Modified: | 05 Oct 2011 02:38 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11342 |
Actions (login required)
View Item |