Repository Universitas Andalas

ANALISA STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH (RETAINING WALL) AKIBAT BEBAN DINAMIS DENGAN SIMULASI NUMERIK

Vidya, Agnes (2008) ANALISA STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH (RETAINING WALL) AKIBAT BEBAN DINAMIS DENGAN SIMULASI NUMERIK. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH (RETAINING WALL) AKIBAT BEBAN DINAMIS DENGAN SIMULASI NUMERIK) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (587Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan simulasi numerik dalam menganalisa beban dinamis pada struktur dinding penahan tanah diperkenalkan disini. Analisa yang dilakukan didasarkan pada rumusan konvensional dan simulasi dengan menggunakan software komputer. Dinding penahan diberikan perpindahan dan frekuensi getaran, sebagai simulasi dari beban dinamis di lapangan. Tahap awal, hitung stabilitas dinding penahan dalam kondisi statis dengan menggunakan metode perhitungan stabilitas dinding penahan yang biasa digunakan. Dinding penahan dapat dikatakan stabil, apabila angka keamanan yang diperoleh diatas batas yang diambil. Selanjutnya dilakukan simulasi dengan menggunakan program PLAXIS, dari simulasi ini diperoleh grafik perpindahan terhadap waktu, kecepatan terhadap waktu, percepatan terhadap waktu, dan sebagainya. Kemudian perhitungan dilanjutkan dengan menganalisa stabilitas dinamis dinding penahan dengan dua variasi sudut keruntuhan, yaitu a = 45 + O / 2 dan a = O. Terakhir analisa dilakukan dengan menggunakan metode Mononobe-Okabe untuk mengetahui stabilitas dinamis dinding penahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:56
Last Modified: 11 Oct 2011 05:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item