Repository Universitas Andalas

Rancang Bangun Alat Ukur Kecepatan Putar Motor Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Menggunakan Sensor Efek Hall

Rozalinda, Elvanis (2008) Rancang Bangun Alat Ukur Kecepatan Putar Motor Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Menggunakan Sensor Efek Hall. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Rancang Bangun Alat Ukur Kecepatan Putar Motor Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Menggunakan Sensor Efek Hall) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553Kb) | Preview

Abstract

Sebagian besar mesin-mesin dan peralatan modern bekerja berdasarkan pemanfaatan prinsip rotasi pada salah satu atau beberapa komponennya. Informasi tentang laju perputaran diperlukan oleh seorang operator untuk mengontrol/mengatur laju putaran mesin sesuai dengan apa yang diharapkan. Alat untuk mengukur kecepatan putar motor yang ada dipasaran saat ini menggunakan sensor cahaya. Pada penelitian ini penulis merancang bangun alat ukur kecepatan putar motor berbasis mikrokontroler dengan menggunakan sensor efek Hall. Sensor ini dapat mendeteksi adanya pengaruh medan magnet yang terdapat di sekitarnya. Penelitian dilakukan di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Fisika UNAND di mulai dari bulan Juni 2007 sampai dengan Maret 2008. Komponen yang digunakan adalah Mikrokontroler AT89S51, LCD, Sensor Efek Hall, catu daya, penguat LM 324, dioda tipe 1N4004, 1A 5 buah, jamper, transformator step down, kapasitor 1000pF 25V, kapasitor 470 pF, IC LM7909,IC LM7809, IC LM7805, resistor 1 Kohm, dan LED. Rancang bangun alat ukur kecepatan putar motor ini terdiri dari dua bagian utama yaitu rancang bangun perangkat keras (hardware) dan rancang bangun perangkat lunak (software). Rancang bangun perangkat keras terdiri dari rancang bangun catu daya, rancang bangun sistem sensor UGN3503U, rancang bangun Mikrokontroler AT89S51, dan rancang bangun karakter LCD 2 x 16 sebagai penampil. Sedangkan rancang bangun perangkat lunak meliputi perancangan program, pada penelitian ini penulis menggunakan program bahasa C. Program yang telah dibuat ditanamkan ke mikrokontroler menggunakan software AEC-ISP melalui hardware sistem minimum dan konektor atau port parallel DB 25. Uji perangkat lunak dilakukan dengan cara membandingkan hasil keluaran kecepatan putar motor alat yang dibuat dengan Tachometer acuan. Prinsip kerja sensor efek Hall ini akan memberikan logika high jika ada besi yang lewat dan sebaliknya akan memberikan logika low jika tidak ada besi yang lewat. Prinsip kerja dari kecepatan putar motor ini dengan memasukkan sinyal ke mikrokontroler, maka waktu satu kali putaran diubah oleh mikrokontroler dalam bentuk rad./s kemudian ditampilkan ke LCD melalui Port 0.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:35
Last Modified: 12 Oct 2011 03:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item