Repository Universitas Andalas

Analisis Implementasi Kebijakan Bidang Kesehatan Dalam Otonomi Daerah (Studi Kasus Pelaksanaan Program Dokter Keluarga Di Kota Solok)

Aprilizen, Novri (2008) Analisis Implementasi Kebijakan Bidang Kesehatan Dalam Otonomi Daerah (Studi Kasus Pelaksanaan Program Dokter Keluarga Di Kota Solok). Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Analisis Implementasi Kebijakan Bidang Kesehatan Dalam Otonomi Daerah (Studi Kasus Pelaksanaan Program Dokter Keluarga Di Kota Solok)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (739Kb) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kewenangan bidang kesehatan merupakan satu dari dua puluh enam kewenangan wajib yang diserahkan oleh pemerintah kepada pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. Dalam melaksanakan kewenangan bidang kesehatan tersebut, pemerintah daerah dituntut untuk dapat membuat suatu kebijakan yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan kesehatan dengan baik. Demikian halnya dengan Pemerintah Daerah Kota Solok, berbagai kebijakan telah diambil untuk melaksanakan kebijakan bidang Kesehatan di Kota Solok. Salah satunya pada tahun 2008, Pemerintah Daerah Kota Solok telah membuat suatu kebijakan baru yang dinamakan dengan program dokter keluarga. Penelitian ini dilakukan di lingkungan kerja Dinas Kesehatan Kota Solok, serta instansi-instansi lain yang berkaitan dengan penelitian ini pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2009. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program dokter keluarga dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program dokter keluarga di Kota Solok. Untuk mencapai apa yang menjadi tujuan penelitian tersebut, maka penulis menggunakan desaian penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:51
Last Modified: 05 Oct 2011 08:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11625

Actions (login required)

View Item View Item