Repository Universitas Andalas

Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sijunjung

Desfarini, Desfarini (2008) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sijunjung. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sijunjung) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (466Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh motivasi berprestasi dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah (1) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa (2) terdapat pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh motivasi berprestasi dan minat baca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 216 sampel dari populasi yang berjumlah 472 orang. Mereka adalah siswa siswi SMA Negeri 1 Sijunjung tahun pelajaran 2007/2005. Sampel dipilih dengan menggunakan tekhnik Stratified Random Sampling. Data Xl dan X2 dikumpulkan melalui kuessioner yang teruji kesahihan dan keterandalannya. Koefisien keterandalan X1 = 0,721 dan X2 = 0,725. Prestasi belajar siswa (Y) didapat dari melalui penyebaran kuessioner. Data analisis dengan tekhnik korelasi dan regresi serta menggunakan komputer program SPSS versi 15. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan (13,80 %) dari motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan (13,20 %) dari minat baca terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh yang signifikan (16,60 %) dari motivasi berprestasi dan minat baca secara bersama sama terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa motivasi berprestasi dan minat baca merupakan dua faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kepala sekolah dan guru guru seharusnya memberikan perhatian yang serius terhadap faktor-faktor ini dengan meningkatkan kualitas tekhnik mengajar dan tambahan fasilitas sarana dan prasarana pustaka dan internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:41
Last Modified: 03 Oct 2011 09:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item View Item