Repository Universitas Andalas

Sistem dan Prosedur Pengelolaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C (Studi Kasus di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung Propinsi Sumatera Barat)

Jaheri, Jaheri (2008) Sistem dan Prosedur Pengelolaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C (Studi Kasus di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung Propinsi Sumatera Barat). Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Sistem dan Prosedur Pengelolaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C (Studi Kasus di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung Propinsi Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (848Kb) | Preview

Abstract

Pajak pengambilan bahan galian golongan C (PBGGC) adalah satu dari tujuh jenis pajak daerah kabupaten dan kota, sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2000. Pajak ini pertama kali ditetapkan sebagai pajak daerah kabupaten dan kota di dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 1997 . Sebelum pemberlakuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 1997 pajak PBGGC merupakan retribusi daerah propinsi yang dibagihasilkan dengan daerah kabupaten dan kota. Pengelolaan pajak PBGGC di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung diatur melalui peraturan Daerah Nomor 2 tahun 1998. Walaupun pajak PBGGC relatif baru bagi daerah kabupaten dan kota, namun kontribusi pajak ini terhadap komponen pajak daerah cukup besar. Pajak PBGGC adalah pajak daerah dengan kontribusi terbesar kedua setelah pajak penerangan jalan di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung. Untuk tahun anggaran 1999/2000, pajak PBGGC memberikan kontribusi sebesar 34,93 % terhadap komponen pajak daerah dalam pembentukan Pendapatan Asli Daerah. Sistem dan prosedur yang diterapkan dispenda dalam pengelolaan pajak PBGGC berbeda dengan yang ditetapkan di dalam Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 1998. Perbedaan ini bisa berpengaruh terhadap besarnya penerimaan daerah dari pajak PBGGC. Berdasarkan hal ini, maka dilakukanlah penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:39
Last Modified: 04 Oct 2011 04:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item