Repository Universitas Andalas

Amobilisasi Sel dan Isolasi Termoenzim Protease dari Bakteri Termofil Isolat Sumber Air Panas Rimbo Panti

Busman, Busman (2008) Amobilisasi Sel dan Isolasi Termoenzim Protease dari Bakteri Termofil Isolat Sumber Air Panas Rimbo Panti. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Amobilisasi Sel dan Isolasi Termoenzim Protease dari Bakteri Termofil Isolat Sumber Air Panas Rimbo Panti) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (827Kb) | Preview

Abstract

Mikroorganisme termasuk bakteri mempunyai kemampuan adaptasi yang lebih baik terhadap lingkungan dibandingkan dengan organisme multiseluler sehingga mampu hidup pada tempat-tempat ekstrim seperti pada suhu, salinitas dan pH ekstrim. Bakteri termofil merupakan bakteri yang dapat hidup pada habitat yang mempunyai suhu lebih besar dari 45 'C seperti pada sumber air panas. Di lingkungan yang panas tersebut, bakteri dapat bertahan hidup dengan melakukan penyesuaian - penyesuaian yang fundamental terhadap struktur, mekanisme bio- kimiawi dan genetik. Secara fisiologis, bakteri termofil mampu memberikan respon untuk memproduksi enzim yang resisten terhadap denaturasi pemanasan, salah satunya adalah enzim protease yang kegunaannya antara lain untuk campuran detergen, pembuatan roti, keju dan sejumlah produk biomedis. Dalam memproduksi enzim, metoda amobilisasi sel bakteri merupakan hal yang menarik dan telah banyak dilakukan karena bakteri yang dijebak dalam suatu matrik, menunjukkan stabilitas enzim yang lebih baik dari pada enzim yang bersumber dari bakteri sel bebas. Hasil penelitian diperoleh 5 isolat bakteri yang potensial penghasil enzim protease yakni Bacillus cereus, Alcaligenes sp1, Alcaligenes sp2, Bacillus brevis dan Bacillus sp1 dan yang paling potensial sebagai penghasil enzim protease adalah Bacillus cereus dengan indeks proteolitik (IP) 2,75 cm dan bakteri ini digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:21
Last Modified: 03 Oct 2011 07:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item