Repository Universitas Andalas

SIMULASI JARINGAN WIRELESS 2,4 GHz DENGAN ACCESS POINT DAN METODA Ad-Hoc MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0

Murni, Lastria (2008) SIMULASI JARINGAN WIRELESS 2,4 GHz DENGAN ACCESS POINT DAN METODA Ad-Hoc MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (SIMULASI JARINGAN WIRELESS 2,4 GHz DENGAN ACCESS POINT DAN METODA Ad-Hoc MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (325Kb) | Preview

Abstract

Teknologi wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk menggantikan kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN dan bahkan kabel WAN yang sebelumnya membutuhkan jaringan dari telkom. Teknologi yang digunakan untuk masing-masing kebutuhan pun berbeda-beda sesuai dengan jarak yang tempuh yang mampu ditangani. Jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat digunakan yaitu : Infrastruktur dan Ad Hoc. Penggunaan kedua mode ini tergantung dari kebutuhan untuk berbagi data atau kebutuhan yang lain dengan jaringan berkabel. Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi antar masing-masing PC (Personal Computer) melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN. Pada Access Point, client tidak lagi bisa berhubungan secara langsung namun semua komunikasi akan melalui Access Point. Bentuk jaringan wireless yang paling sederhana adalah jaringan Ad-Hoc, yang juga dinamakan sebagai jaringan peer to peer dan kadang-kadang dinamakan IBSS (Independent Basic Service Set). Dengan jaringan Ad-Hoc, beberapa komputer dapat dihubungkan tanpa menggunakan peralatan tambahan seperti Access Point. Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. Inti dari sebuah jaringan infrastruktur adalah penggunaan AP atau Access Point yang sering disingkat menjadi WAP atau'Wireless Access Point. Pada jaringan modus Ad-Hoc harus mempunyai SSID yang sama jika ingin bergabung ke dalam jaringan Ad-Hoc.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:41
Last Modified: 12 Oct 2011 07:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item