Repository Universitas Andalas

Identifikasi Formulir Dalam Aktivitas Bongkar Muat dan Pengangkutan Tandan Buah Segar Sawit (Studi Kasus PT. Bina Pratama Sakato Jaya)

Marianis, Syafna (2008) Identifikasi Formulir Dalam Aktivitas Bongkar Muat dan Pengangkutan Tandan Buah Segar Sawit (Studi Kasus PT. Bina Pratama Sakato Jaya). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Identifikasi Formulir Dalam Aktivitas Bongkar Muat dan Pengangkutan Tandan Buah Segar Sawit (Studi Kasus PT. Bina Pratama Sakato Jaya)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380Kb) | Preview

Abstract

Formulir merupakan salah satu bentuk dokumen Administrasi Perkantoran, yang berfungsi untuk mendapatkan data, informasi dan keterangan yang diperlukan, serta sebagai bukti transaksi. Formulir sangat penting sekali dalam sebuah perusahaan, bila tidak dikelola dengan pencatatan yang baik bisa berdampak negatif pada kemajuan perusahaan. PT. Bina Pratama Sakato Jaya yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit, yang beralamat Jorong Sungai Tenang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sawahlunto Sijunjung. Salah satu aktivitas utama perusahaan tersebut adalah bongkar muat dan pengangkutan Tandan Buah Segar sawit. Dalam aktivitas tersebut memerlukan pencatatan yang akurat yaitu dengan menggunakan beberapa formulir untuk bukti transaksi, bahwa kegiatan pengiriman Tandan Buah Segar sawit dari lokasi Tempat Pemungutan Hasil ke lokasi pabrik sudah dilakukan. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan deskriptif komparatif dan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, PT. Bina Pratama Sakato Jaya menggunakan beberapa formulir dalam aktivitas bongkar muat dan pengangkutan Tandan buah Segar sawit yaitu formulir Nota Pengiriman TBS, Tiket Timbangan, Pengiriman TBS ke Pabrik, Laporan Angkutan TBS ke Pabrik, Laporan Upah Muat TBS, dan formulir Lampiran Upah Muat TBS. Ciri-ciri formulir tersebut, umumnya memiliki nama perusahaan, terletak pada kiri alas formulir, nama formulir terletak pada bagian atas tengah formulir, penulisan tanggal umumnya sebelah kanan bawah formulir, setiap formulir terdapat garis di sebelah kanan judul dan dibawah judul, umumnya formulir diisi dengan tulisan tangan, kertas yang digunakan kertas Dooslag 58, 60 gram, folio 70 gram dan NCR 60 gram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:50
Last Modified: 10 Oct 2011 02:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item