Repository Universitas Andalas

ANALISA BELANJA PADA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN AGAM PERIODE 2006-2008

Jafril, Jafril (2008) ANALISA BELANJA PADA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN AGAM PERIODE 2006-2008. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (ANALISA BELANJA PADA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN AGAM PERIODE 2006-2008) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (515Kb) | Preview

Abstract

APBD harus dapat menyajikan informasi yang jelas mengenai tujuan, sasaran, hasil, dan manfaat yang diperoleh masyarakat dari suatu kegiatan atau proyek yang dianggarkan. Untuk mengukur apakah pemerintah daerah telah menggunakan APBD secara ekonomis, efisien dan efektif diperlukan analisis. Analisis yang biasa dilakukan berupa: analisis belanja varians, analisis pertumbuhan belanja, analisis keserasian belanja, dan analisis belanja per fungsi. Dari hasil penelitian dan analisis yang penulis lakukan, Pemerintah Kabupaten Agam selalu melakukan penghematan terhadap penggunaan dana dari anggaran (APBD). Ini menunjukkan adanya usaha pemda tersebut melakukan tindakan efisiensi. Namun, secara keseluruhan, belanja yang dikeluarkan pemda tersebut bertambah tiap tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:22
Last Modified: 04 Oct 2011 04:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item