Repository Universitas Andalas

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SALES PROMOTION GIRLS (SPG) ROKOK (Studi Kasus : SPG di Plasa Andalas Padang)

Sari, Kartika (2008) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SALES PROMOTION GIRLS (SPG) ROKOK (Studi Kasus : SPG di Plasa Andalas Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SALES PROMOTION GIRLS (SPG) ROKOK (Studi Kasus : SPG di Plasa Andalas Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (502Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mendeskripsikan SPG. Kedua mendiskripsikan persepsi masyarakat Kota Padang terhadap SPG rokok. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif (menggambarkan secara keseluruhan apa yang ada dilapangan yang sesuai dangan permasalahan). Pemilihan informan dilakukan dengan cara porpossive sampling, dibedakan dengan yang membeli rokok dan yang tidak membeli rokok, jumlah informan yang diambil 8 orang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam (dept interview) dan menggunakan participant observer (observasi terlibat langsung). Unit analisisnya adalah masyarakat. Analisa data dimulai dari awal penelitian sampai dengan penelitian selesai, data yang didapatkan dikumpulkan, disusun, diidentifikasi kemudian dikelompokkan dan diinterpretasikan. Persepsi masyarakat yang timbul, ada persepsi positif dan ada persepsi yang negatif. Persepsi adalah proses akal manusia yang sadar untuk menggambarkan fenomena sosialnya. Perbedaan persepsi timbul karena perbedaan fokus perhatian dalam mengamati objek. Dimensi persepsi, satu kognitif, berhubungan dengan kemampuan intelektual. Dua, afektif berhubungan dengan perasaan. Tiga psikomotorik berhubungan dengan gerak laku. Hasil penelitian yang didapat, adanya persepsi yang positif dan negatif yang berkembang di masyarakat Kota Padang terhadap Sales Promotion Girls (SPG) rokok. Hal ini dikarenakan cara penilaian yang dipengaruhi pengamatan, pengalaman dan pengetahuan masyarakat itu sendiri dan akan mempengaruhi sikap serta ganjaran yang diberikan terhadap SPG rokok. Persepsi positif yang timbul berhubungan dengan segi ekonomi dan lapangan kerja. Sedangkan persepsi negatif timbul karena segi adat dan budaya yang melekat di masyarakat kota Padang yang berhubungan dengan cara berpakaian SPG rokok, cara berbicara, dan tingkah laku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:22
Last Modified: 07 Oct 2011 08:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item