Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI RADIUS (REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICE) BERBASIS SISTEM OPERASI LINUX PADA JARINGAN WLAN

Juwita, Irvani (2008) IMPLEMENTASI RADIUS (REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICE) BERBASIS SISTEM OPERASI LINUX PADA JARINGAN WLAN. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI RADIUS (REMOTE AUTHENTICATION DIAL IN USER SERVICE) BERBASIS SISTEM OPERASI LINUX PADA JARINGAN WLAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377Kb) | Preview

Abstract

Salah satu masalah terbesar dalam penyelenggaraan layanan akses Internet untuk publik dalam jaringan wireless fidelity (Wi-Fi) adalah akses kontrol terhadap penggunanya. Akses kontrol ini dipergunakan untuk menentukan siapa saja yang berhak menggunakan layanan ini. Tugas Akhir ini mencoba mendesain dan mengimplementasikan sistem yang lebih aman untuk layanan akses Internet dalam jaringan Wi-Fi. Untuk dapat membangun sistem Wi-Fi tersebut diperlukan protokol yang digunakan untuk otentikasi, otorisasi dan akutansi. Protokol Remote Authentication Dial-In User Service (RADIUS) merupakan protokol yang menyediakan framework untuk otentikasi, otorisasi dan akutansi. Untuk menunjang kinerja protokol RADIUS digunakan Chilispot sebagai pemberi otentikasi dan otorisasi , MySql sebagai database billing dan PhpMyPrepaid sebagai aplikasi Web base untuk manajemen user dan billing. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah penyedia layanan dapat memiliki kemudahan dalam memantau penggunaan layanan akses Internet Wi-Fi dan pada client, saat ingin mengakses Intemet harus terlebih dahulu melakukan otentikasi ke server baru setelah itu diberi otorisasi. Setelah client keluar dari jaringan, pada database server akan tercatat apa saja yang dilakukan oleh client.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:36
Last Modified: 04 Oct 2011 07:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12391

Actions (login required)

View Item View Item