Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER OS DI ICT PADANG PANJANG

FITRI, RAHMA (2009) IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER OS DI ICT PADANG PANJANG. Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER OS DI ICT PADANG PANJANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339Kb) | Preview

Abstract

Mikrotik Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip netwark dan jaringan wireless. DI{CP (Dynamic Host Configuration Protocof) memungkinkan menambah host ke jaringan dengan cepat dan secara otomatis. Server tiddk harus mendefenisikan konfigurasi apapun untuk host saat setryer DHCP telah siap dan berjalan. Bandwidth tiap-tiap client bisa dibatasi penggunraannya. Bandwidth yang tidak dibagi seoara merata menyebabkan koneksi dibeberapa client lain terasa lambat. Proxy server dibutuhkan untuk mempercepat akses website. Sattr halaman website yang pernah dikunJungi oleh user akan disimpan dalam proxy seruer. Jadi ketika ada client yang request suatu halantan website, browser tidak perlu untuk request langsung ke web sen)er. Browser akan mencarinya terlebih dahulu di prory sewer. Jika halaman yang diminta client tidak ditemukan, barulah praxy setver request ke web serner yang bersangkutan. Firewall berfungsi menjaga keamanan jaringan dari ancaman fihak lain yang tidak berwenang. Mengubah, merusak, atau menyebarkan data-data penting perusahaan. Firewall beroperasi menggunakan aturan tertentu. Aturan ini yang menentukan kondisi ekspresi yang memberi tahu router tentang apa yang harus dilakukatr rauter terhadap paket IP yang melewatinya. Mikrotik juga dipadukan dengan kemampuan firewall untuk mencegah hal-hal yang menggangu dari aplikasi yang dijalankan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:14
Last Modified: 28 Apr 2011 07:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item View Item