Repository Universitas Andalas

PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DC DENGAN PENGENDALI PID BERBASIS PC (Aplikasi Bahasa Pemograman Delphi 7)

Saputra, Yuherman (2009) PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DC DENGAN PENGENDALI PID BERBASIS PC (Aplikasi Bahasa Pemograman Delphi 7). Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DC DENGAN PENGENDALI PID BERBASIS PC (Aplikasi Bahasa Pemograman Delphi 7)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268Kb) | Preview

Abstract

Dalam pengaturan kecepatan putaran motor DC dengan pengendali Proportional Integral Derivate (PID) berbasis PC ini, maka dapat memudahkan, menghemat atau mempersingkat waktu kerja dan tenaga. Plant yang digunakan adalah motor dc dengan magnet permanent. Untuk memudahkan dalam pengoperasian motor dc dengan kendali PID tersebut, maka dapat diatur dengan menggunakan pemograman Delphi 7. Pengaturan kecepatan motor dilakukan dengan mengatur tegangan kerja motor. Feedback sistemnya adalah sinyal frekuensi dari tacho dan sinyal frekuensi ini diubah menjadi tegangan untuk diinputkan pada komputer melalui ADC. Penalaan parameter PID didasari atas tinjauan terhadap karakteristik motor dc yang diatur. Penalaan pengendali PID yag dilakukan menggunakan metode coba-coba dan penalaan Ziegler-Nichols dengan metode osilasi. Pada metode coba-coba dilakukan pemasukan harga Kp, Ki, Kd sesuai dengan yang di inginkan, tetapi menghasilkan waktu yang lama untuk mendapatkan osilasi yang stabil. Oleh karena itu digunakan metode penalaan Ziegler-Nichols yaitu melakukan tuning metode osilasi untuk menentukan nilai Kr, Tn dan Tv nya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa respon kecepatan motor adalah pada saat Kp : 550, sehingga berdasarkan parameter penalaan Ziegler- Nichols dengan metode batas kestabilan maka ts : 0.15 s dan harga Kkrit : 550. Respon sisem ditampilkan dalam bentuk grafik kecepatan motor terhadap waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 May 2011 03:23
Last Modified: 13 May 2011 03:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12805

Actions (login required)

View Item View Item