Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN SABUN PADAT ANTIBAKTERI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BELUNTAS (Pluchea indica Less)

Sadly, Yohanes (2008) PEMBUATAN SABUN PADAT ANTIBAKTERI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BELUNTAS (Pluchea indica Less). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN SABUN PADAT ANTIBAKTERI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BELUNTAS (Pluchea indica Less)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (465Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan sabun padat antibakteri dengan penambahan ekstrak beluntas (Pluchea indica Less). Tujuan penelitian ini adalah membuat sabun padat dari minyak kelapa yang ditambahkan dengan ekstrak daun beluntas, serta membandingkan kemampuan antibakteri dengan dan tanpa penambahan ekstrak beluntas. Sabun yang dibuat dilakukan karakterisasi meliputi uji organoleptis, uji pH, uji busa, uji iritasi, uji antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan uji kadar air. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sabun dan dengan penambahan ekstrak beluntas dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Karakterisasi terbaik diperoleh pada formula C4, yaitu dengan jumlah NaOH 5,80 gram untuk 30 gram minyak kelapa dan jumlah ekstrak beluntas sebanyak 0,8 g/ml, menghasilkan sabun padat dengan daerah halo seluas 18,84 mm^2, pH 9,47 dan tinggi busa 1,5 cm. Berdasarkan karakterisasi yang dilakukan terhadap sabun formula C4, maka sabun tersebut telah memenuhi SII.01.1992 dan baik digunakan terutama untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:12
Last Modified: 07 Oct 2011 03:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item