Repository Universitas Andalas

Mempelajari Kondisi Optimum Aktivitas Acetobacter Xylinum Dalam Pembuatan Nata de Markisa (Passiflora)

Harneli, Doki (2008) Mempelajari Kondisi Optimum Aktivitas Acetobacter Xylinum Dalam Pembuatan Nata de Markisa (Passiflora). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Mempelajari Kondisi Optimum Aktivitas Acetobacter Xylinum Dalam Pembuatan Nata de Markisa (Passiflora)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mempelajari kondisi optimum aktivitas Acetobacter xylinum dalam pembuatan nata de Markisa (passiflora). Bahan yang digunakan adalah buah markisa. Analisis yang digunakan meliputi tingkat ketebalan, warna, rasa, serta tingkat kekenyalan dengan memvariasikan jumlah buah markisa , variasi penambahan sukrosa, variasi penambahan Zwavelzuur Amonium (ZA) dan variasi volume penambahan asam asetat glasial. Diperoleh kondisi optimum pembentukan nata untuk jumlah 15 buah markisa, penambahan sukrosa 10 g, penambahan ZA 2 g dan penambahan asam asetat glasial 5 mL. Untuk ketebalan, kekenyalan, dan warna nata sangat dipengaruhi oleh variasi jumlah buah markisa dan variasi penambahan sukrosa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:12
Last Modified: 04 Oct 2011 07:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item