Repository Universitas Andalas

SINTESIS DAN KARAKTERISASI BAHAN PIEZOELEKTRIK BNT DENGAN PENAMBAHAN MNO2 MENGGUNAKAN METODE SOLID STATE REACTION

Fadillah, Nur Aini (2008) SINTESIS DAN KARAKTERISASI BAHAN PIEZOELEKTRIK BNT DENGAN PENAMBAHAN MNO2 MENGGUNAKAN METODE SOLID STATE REACTION. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (SINTESIS DAN KARAKTERISASI BAHAN PIEZOELEKTRIK BNT DENGAN PENAMBAHAN MNO2 MENGGUNAKAN METODE SOLID STATE REACTION) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585Kb) | Preview

Abstract

Bahan piezoelektrik PbZrx Ti(1-x) O3 (PZT) mempunyai banyak aplikasi, tetapi memiliki sifat beracun. Maka dari itu dicarilah suatu bahan yang ramah lingkungan, yaitu bahan piezoelektrik Na 0.5 Bi 0.5 TiO3 (BNT). Bahan BNT memiliki temperature currie 320'C. Sintesa bahan dasar Bi2O3 , Na2CO3 ,TiO2, dan MnO2 dilakukan dengan metode Solid State Reaction atau cara padat. Identifikasi dan karakterisasi dilakukan dengan menggunakan alat XRD dan SEM untuk mengetahui struktur kristal dan struktur morfologis. Hasil analisa pola difraksi sinar-x menunjukan sangat sedikit kontaminan disertai dengan strukfur kristalnya. Dengan memfariasikan suhu sintering untuk sintesa BNT, maka diperoleh struktur kristal rombohetral. Parameter ekperimen tekanan 3500 psi, pengerusan 4 jam, suhu sintering 1000'C dan lama sintering 4 jam. Penambahan MnO2 dengan variasi persentasi berat yaitu 0.2% , 0.5 %, dan 0.8%, menyebabkan terjadi perubahan struktur kristal. Semakin besar penambahan MnO2 menunjukan sistem kristal tetragonal, terlihat pada perubahan parameter kristal rombohetral ke tetragonal, yaitu pada penambahan MnO2 sekitar 0,00262. Bentuk morfologi dari BNT tambah Mn02 menunjukan partikel-partikel mencirikan kotak, partikel tersebut semakin mengecil setelah di tambahkan MnO2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 08:58
Last Modified: 04 Oct 2011 03:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item