Repository Universitas Andalas

Konflik Sosial yang Mempengaruhi Kehidupan Tokoh Utama dalam Novel Positif (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Psikotogi Sastra)

Zulfahmi, Zulfahmi (2010) Konflik Sosial yang Mempengaruhi Kehidupan Tokoh Utama dalam Novel Positif (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Psikotogi Sastra). Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (Konflik Sosial yang Mempengaruhi Kehidupan Tokoh Utama dalam Novel Positif (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Psikotogi Sastra)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (362Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap novel Positif (2010) karya Maria Silvi dengan menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra dan psikologi sosial. Penelitian ini berdasarkan teori Sosiologi yang dikemukakan Soerjono Soekanto dan teori Psikologi Sosial dari jhon Gray, dan ditunjang dengan analisis sosiologi terhadap karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pemahaman unsur-unsur instrinsik dilakukan dengan teknik analisis struktur. Penelitian ini dilakukan sepenuhnya berdasarkan penelitian kepustakaan. Seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang berbentuk tertulis Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana terjadinya konflik sosial yang mempengaruhi kehidupan tokoh utama dalam novel Positif, mendeskripsikan apa saja aspek sosial yang mempengaruhi tokoh utama dalam novel Positif, dan untuk mengetahui bagaimana solusi atas konflik sosial yang dapat mempengaruhi kehidupan tokoh utama dalam novel positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 May 2011 06:35
Last Modified: 12 May 2011 06:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item