Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGARUH EVA, PER DAN RASIO PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS GLOBAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Putra, Alfadzri Prima (2008) ANALISIS PENGARUH EVA, PER DAN RASIO PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS GLOBAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH EVA, PER DAN RASIO PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS GLOBAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372Kb) | Preview

Abstract

Perkembangan perekonomian semakin cepat dan kompleks dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dibuktikan dari semakin banyaknya perdagangan hampir di semua sektor yang tercatat di pasar modal. Perdagangan di pasar modal pun semakin ketat seiring bertambahnya emiten yang terdaftar didalam pasar modal yang menyebabkan banyaknya pilihan perusahaan untuk berinvestasi bagi investor. Keadaan ini memaksa investor dan perusahaan untuk lebih teliti dalam memilih alat ukur kinerja perusahaan. Dalam mengukur kinerja perusahaan tidak hanya menggunakan alat ukur yang berdasarkan penciptaan laba tetapi juga harus memperhatikan alat ukur yang berdasarkan penciptaan nilai. Penelitian ini membahas tentang pengaruh EVA, PER dan rasio profitabilitas sebelum dan sesudah krisis global terhadap return saham. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ 45 secara terus menerus dari tahun 2004-2009. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah EVA, PER, ROA, ROE dan EPS sebagai variabel bebas (X), return saham sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan regresi linear untuk menganalisis data pada pengujian asumsi klasik variabel ROA dan ROE mengalami masalah multikolinearitas sehingga ROA dan ROE dikeluarkan dari persamaan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat sebelum krisis tidak ada satupun variabel bebas yang mempengaruhi return saham secara signifikan, sementara setelah krisis global hanya variabel PER yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 May 2011 04:57
Last Modified: 10 Oct 2011 07:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item