Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN LAMA HARI RAWAT PADA PASIEN INFARK MIOKARD AKUT (IMA) DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Setia, Lila Prima (2008) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN LAMA HARI RAWAT PADA PASIEN INFARK MIOKARD AKUT (IMA) DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN LAMA HARI RAWAT PADA PASIEN INFARK MIOKARD AKUT (IMA) DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382Kb) | Preview

Abstract

Penyakit kardiovaskular hampir mencapai sepertiga dari seluruh kematian di dunia dan merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia. Delapan puluh persen sampai sembilan puluh persen pasien Infark Miokard Akut (IMA) mengalami kecemasan yang dapat menjadi hal yang berpengaruh terhadap lama rawat karena meningkatkan komplikasi, mortalitas dan lama penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan lama hari rawat pada pasien IMA yang dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian adalah korelasi dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner Zung Self Rating Anxiety Scale (ZSRAS). Analisa bivariat dilakukan dengan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kecemasan 50,77 dan rata-rata lama hari rawat adalah 7,97 hari. Dari penelitian ini diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kecemasan dan lama hari rawat pasien IMA (p>0,05). Disarankan kepada pihak Rumah Sakit untuk menurunkan kecemasan pasien IMA karena dari hasil penelitian seluruh responden mengalami kecemasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 May 2011 23:47
Last Modified: 10 Oct 2011 06:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item