Repository Universitas Andalas

Pengaruh Struktur Asset, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Perusahaan Makanan dan Minuman

Khairani, Adilla (2008) Pengaruh Struktur Asset, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Perusahaan Makanan dan Minuman. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Struktur Asset, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Perusahaan Makanan dan Minuman) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (548Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh struktur asset profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang masing-masingnya dihifung dengan rusia fixed asset to total asset, net prafit margtn, sales grovv*th dan debt to total asset. Penelitian ini merupakan penelitian empiris rnenggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dengan periode penelitian selama empat tahun (2005-2008). Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Dan pengolahan data menggunakan model analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F, yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji asumsi klasik (multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan positif' (Sig. 0,016 < 0,05) antara struktur asset terhadap struktur modal. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan negatif (Sig. 0,007 < 0,05) anlara profitabilitas terhadap strukur modal. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (Sig. 1,536 > 0,05) antara pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal, namun mempunyai hubungan yang searah atau positif. 4) Adanya pengaruh secara bersama-sama antara struktur asset, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal sebesar 24,9Vq dan sisanya sebesar 75,loh dijelaskan oleh faktor-faktor di luar variabel penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada berbagai pihak yang terkait yaitu baik bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi maupun bagi pihak kreditor dalam pengambilan keputtlsan pemberian pinjaman serta bagi para manajemen dalam pengambilan keputusan struktur modal perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor struktur asset dan profitabilitas. Dan juga dengan memperhatikan berbagai faktor internal dan faktor eksternal lainnya yang mempengaruhi struktur modal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 30 May 2011 13:42
Last Modified: 05 Oct 2011 02:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item