Repository Universitas Andalas

ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGEMENT)

DAULAY, FIKY MAULANA (2008) ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGEMENT). Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGEMENT)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menganalisis beberapa cerita pendek karya Frarz Kafka; The Metamorphosis, A Hunger Artist dan The Judgement . Di dalam ketiga teks terdapat kesamaan pola dimana konflik selalu muncul ketika individual dihadapkan dengan posisi mereka dibawah tekanan sosial dari masyarakat kelas menengah di Prague pada awal abad ke -20. Fokus dari teks-teks tersebut terletak pada bentuk penggambaran solusi oleh karakter-karakter utama yang melibatkan persepsi mereka terhadap realitas. Penulis menggunakan konsep alienasi, ideologi, dan negative l*towledge yang dikemukakan oleh Marx, Louis Althusser, dan Theodor Adorno. Dibatasi oleh kerangka pendekatan Marxisme, konsep alienasi menggali bentuk keterasingan karakter utama terhadap diri dan realitasnya. Sebagai konsep utama, konsepsi ideologi Althusser menjadi sorotan penting terhadap solusi ideologis terhadap masalah yang dialami karakter-karakter utama. Secara umum dua konsep ini menjelaskan konten dari teks. Sedangkan negative knowledge mempunyai peran dalam analisa bentuk formal dari teks yang juga berfungsi sebagai kritik terhadap terhadap kontradiksi sosial yang terjadi di zaman Kafka. Analisa didukung kajian kepustakaan melalui buku dan referensi yang terkait. Selanjutnya analisa menggunakan metode kualitatif untuk mangambil kutipan surnber terkait. Hasil analisa disampaikan melalui metode deskriptif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 30 May 2011 13:40
Last Modified: 27 Sep 2011 07:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item