Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN PASIEN DI IRNA RSUD SUNGAI DAREH TAHUN 2010

Nora, Elvi (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN PASIEN DI IRNA RSUD SUNGAI DAREH TAHUN 2010. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN PASIEN DI IRNA RSUD SUNGAI DAREH TAHUN 2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan pasien diarahkan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan kesehatan, mencegah penyakit dan membantu orang-orang untuk menyesuaikan terhadap efek sisa penyakit. Berdasarkan pengamatan peneliti pada data awal, sebanyak 10 orang (60 %) perawat di IRNA Penyakit Dalam RSUD Sungai Dareh tidak melaksanakan pendidikan pasien dengan baik, hal ini yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yang dibatasi pada faktor-faktor yang mempengaruhi perawat dalam pelaksanaan pendidikan pasien di IRNA RSUD Sungai Dareh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan pendidikan pasien dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu pengetahuan, sikap dan motivasi di IRNA RSUD Sungai Dareh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional dan jumlah responden 62 orang, diambil secara total sampling. Data yang dikumpulkan data primer yang didapatkan melalui kuesioner dan observasi langsung pada responden. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan bahwa 22,6 % perawat melaksanakan pendidikan pasien dengan baik, 69,4 % perawat memiliki pengetahuan tinggi tentang pelaksanaan pendidikan pasien, 64,5 % perawat memiliki sikap positif terhadap pelaksanaan pendidikan pasien dan 50 % perawat memiliki motivasi tinggi terhadap pelaksanaan pendidikan pasien. Hasil penelitian juga menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan pelaksanaan pendidikan pasien (p=0,046) dan antara motivasi dengan pelaksanaan pendidikan pasien (p=0,000). Untuk meningkatkan pelaksanaan pendidikan pasien diperlukan upaya dari kepala ruangan dan pimpinan rumah sakit, terutama upaya peningkatan motivasi perawat dan pengadaan media untuk menunjang pelaksanaan pendidikan pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 31 May 2011 22:01
Last Modified: 06 Oct 2011 04:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item