Repository Universitas Andalas

FORMULASI DAN PEMBUATAN BISKUIT BERBASIS BAHAN PANGAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF PANGAN DARURAT

Refdi, Cesar Welya (2008) FORMULASI DAN PEMBUATAN BISKUIT BERBASIS BAHAN PANGAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF PANGAN DARURAT. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (FORMULASI DAN PEMBUATAN BISKUIT BERBASIS BAHAN PANGAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF PANGAN DARURAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (755Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Formulasi dan Pembuatan Biskuit Berbasis Bahan Pangan Lokal sebagai Alternatif Pangan Darurat" telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertarrian dan Laboratorium Teknik Per,tanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang serta Laboratorium Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas dari bulan Juni hingga September 2010. Tujuan penelitian ini adatatl formulasi dan pembuatan EFp (Emergency Food Producr) dalam bentuk biskuit berbasis bahan pangan lokal berdasarkan kebutuhan energi 2100 klcal dengan sifat organoleptik yang dapat diterima serta menetapkan formula EFP terbaik yang memenuhi syarat pangan darurat. Disamping itu juga ditentukan umur simpan dan analisis kelayakan usaha produk yang dihasilkan. Pada penelitian ini formulasi menggunakan soffiiare Microsoft Excel dengan prinsip kesetimbangan. Formulasi memanfaatkan bahan pangan lokal yaitu Formula A (tepung tapioka), Formula B (tepung beras), Formula C (tepung MOCAF), Formula D (tepung sagu) dan Formula E (tepung pisang). Masing- masing produk dilakukan uji organoleptik, uji kekerasan, daya serap air, waktu rehidrasi dan total energi. Formula yang paling disukai panelis serta memiliki energi yang cukup diikuti dengan hasil uji fisik yang terbaik kemudian dilakukan analisis kimia, pendugaan umur simpan dan analisis kelayakan usaha. Berdasarkan hasil penilaian panelis dan uji fisik ditetapkan produk terpilih adalah Formula C (tepung MOCAF), dengan karakteristik kimia yiitu karbohidrat 47,98%, protein I7,34%, lemak 26,38 %, kadar air 6,42% dan kadar abu 1,89% serta energi 247,05 kkal/5O gr. Persentasi energi yang disumbangkan oleh protein 13,92 %, lemak 47,59% dan karbohidrat 38,49 % serta umur simpan 131 hari atau sekitar 4,37 bulan pada suhu 25'C. Berdasarkan analisis kelayakan usaha, usaha produk ini layak untuk dijalankan, dengan nilai NPV Rp 39.318.374,90, IRR 19,00 % dan BEP adalah 23752 satuan produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 31 May 2011 22:38
Last Modified: 10 Oct 2011 07:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item