Repository Universitas Andalas

PENERAPAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DALAM PROSES PENYIDIKAN (Studi Kasus di Polres Padang Pariaman)

Sari, Ayudhia Prima (2008) PENERAPAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA DALAM PROSES PENYIDIKAN (Studi Kasus di Polres Padang Pariaman). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF
Download (586Kb) | Preview

Abstract

Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Perlindungan dan jaminan kepastian hukum diberikan oleh Undang-Undang No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak harus mempertimbangkan kepentingan terbaik anak, tidak hanya terhadap anak sebagai korban tindak pidana juga terhadap anak yang sedang berkonfik dengan hukum (children conflict with the law), khususnya anak sebagai pelaku tindak pidana. Pada saat ini permasalahan narkotika semakin megkhawatirkan. Yang lebih menyedihkan,sasaran dari narkotika adalah remaja dan anak-anak dibawah umur yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Anak pelaku tindak pidana tetap menjalani proses hukum yang berlaku dari penyidikan hingga proses persidangan. Usia pertanggungiawaban pidana anak adalah 8 sampai 18 tahun. Permasalahan yang menjadi kajian skripsi ini adalah penerapan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana narkotika dalam proses penyidikan. Metode pendekatan yang digunakan bersifat yuridis sosiologis (sosiological research), dan sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data yang didapatkan tersebut dianalisis secara kualitatif, kemudian diambil kesimpulan yang dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan; Pertama, Pelaksanan perlindungan hukum terhadap anak oleh polisi selaku penyidik sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Meskipun demikian masih ada kekurangan-kekurangan dalam pelaksanimnnya. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan penyidik dalam beberapa hal untuk memberikan perlindungan hukum bagi tersangka anak. Kedua, Dalam penerapan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana narkotika, penyidik menghadapr beberapa kendala yaitu masalah pembiayaan, kurangnya sarana dan prasarana khusus bagi tersangka anak dan masyarakat kurang berperan aktif dalam penegakan hukum narkotika. Ketiga, Dalam mengatasi kendala tersebut penyidik telah melakukan upaya yaitu secara konsisten menerapkan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Pengadilan Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 31 May 2011 23:50
Last Modified: 07 Oct 2011 07:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item