Repository Universitas Andalas

PENGARUH pH TERHADAP FOTOLISIS AIR OLEH SERBUK TIO2 NANOPARTIKEL DENGAN ADANYA SUKROSA SEBAGAI SACRIFICIAL AGENT

Kasuma, Nola Yulia (2008) PENGARUH pH TERHADAP FOTOLISIS AIR OLEH SERBUK TIO2 NANOPARTIKEL DENGAN ADANYA SUKROSA SEBAGAI SACRIFICIAL AGENT. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH pH TERHADAP FOTOLISIS AIR OLEH SERBUK TIO2 NANOPARTIKEL DENGAN ADANYA SUKROSA SEBAGAI SACRIFICIAL AGENT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532Kb) | Preview

Abstract

Metode fotolisis air menggunakan semikonduktor TiO2 nanopartikel sebagai katalis dan sukrosa sebagai sacrificial agent bertujuan untuk mengoptimalkan gas hidrogen yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH pada pembuatan gas hidrogen dengan cara memvariasikan pH larutan yang akan difotolisis menggunakan sinar dengan panjang gelombang 254 nm. Jumlah gas yang dihasilkan diukur berdasarkan pergerakan gelembung sabun pada buret yang dipasang secara horizontal. Volume gas maksimum dihasilkan pada penambahan 0,0806 g/l TiO2 nanopartikel dan 0,1 g/l sukrosa pada pH=1. Uji pembentukan gas dilakukan dengan cara mengamati pertambahan tinggi nyala lilin yang ditempatkan pada ujung buret.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 31 May 2011 23:52
Last Modified: 04 Oct 2011 09:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item