Repository Universitas Andalas

PROTOTYPE CRANE PELABUHAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI WIRELESS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Ramadani, Wildanu (2008) PROTOTYPE CRANE PELABUHAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI WIRELESS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PROTOTYPE CRANE PELABUHAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI WIRELESS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473Kb) | Preview

Abstract

Crane pelabuhan adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat beban di pelabuhan. Pada saat ini crane masih dikendalikan menggunakan kabel. Hal ini tentu akan membatasi wilayah kerja crane dan sedikit tidak nyaman bagi operator. Untuk memperluas wilayah kerja crane, serta untuk mempermudah kerja operator, maka pada tugas akhir ini dibuat prototype crane pelabuhan menggunakan komunikasi wireless, tidak menggunakan kabel lagi. Crane dengan kontroler berupa mikrokontroler ATMEGA8535. Sebagai media komunikasi wireless, digunakan modul RF YS-1020. Crane ini dikontrol oleh operator secara manual dengan menggunakan keyboard PC, melalui komunikasi serial (RS-232). Untuk mengeluarkan data-data dari keyboard digunakan software Delphi dan untuk interfacing ke rangkaian lain, selain untuk interfacing di sini software Delphi juga digunakan sebagai tampilan arah pergerakan crane. Data pengontrolan akan dikirim oleh transmitter pada frekwensi 433 MHz dengan jangkauan maksimum 500 meter. Namun pengujian jarak kerja yang dilakukan pada tugas akhir ini hanya sampai 100 meter . Kemudian data pengontrolan akan diterima oleh receiver pada crane dan data diolah oleh mikrokontroler ATMEGA8535, selanjutnya diteruskan ke rangkaian driver motor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jun 2011 01:07
Last Modified: 10 Oct 2011 07:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item View Item