Repository Universitas Andalas

PENGARUH SUBSTITUSI TELUR AYAM RAS DENGAN TELUR ITIK TERHADAP NILAI GIZI DAN AKSEPTABILITAS RENDANG TELUR

Wulandhari, Dede Yulia (2008) PENGARUH SUBSTITUSI TELUR AYAM RAS DENGAN TELUR ITIK TERHADAP NILAI GIZI DAN AKSEPTABILITAS RENDANG TELUR. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH SUBSTITUSI TELUR AYAM RAS DENGAN TELUR ITIK TERHADAP NILAI GIZI DAN AKSEPTABILITAS RENDANG TELUR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (552Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi telur ayam ras dengan telur itik terhadap nilai gizi dan akseptabilitas rendang telur. Materi penelitian ini menggunakan telur ayam ras strain isa brown 24 butir dan telur itik pitalah 24 butir, santan kelapa 6 liter, tepung tapioka 960 gram, bawang putih giling l%, garam halus 0.5%, cabe merah giling 20%, bawang merah giling 8%, bawang putih giling 6%, jahe giling 3%, sereh sebanyak 2 batang, daun salam sebanyak 3 lembar, daun kunyit 2 lembar, daun jeruk 4 lembar dan garam halus 2%. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda eksperimen dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah substitusi telur ayam ras dengan telur itik, dimana perbandingan untuk masing-masing perlakuan adalah sebagai berikut : A (100% : 0%), B (80% :20%), C (60% : 40%),D (40% : 60%), E (20% : 80%), F (0% : 100%). Peubah yang diamati adalah kadar air, kadar protein, kadar lemak dan akseptabilitas rendang telur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat substitusi telur itik berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap kadar protein, kadar lemak, sedangkan pada nilai akseptabilitas rendang telur berpengaruh nyata (P<0.05). Berdasarkan nilai gizi mengalami peningkatan. Sedangkan dari hasil uji akseptabilitas yang paling disukai adalah substitusi pada tingkat 60% : 40% dan penilaian warna, rasa, aroma dan tekstur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Jun 2011 02:45
Last Modified: 11 Oct 2011 09:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

View Item View Item