Repository Universitas Andalas

WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING TELEPON ANARA PT TELKOM DENGAN PELANGGAN (Studi Pada PT.Telkom)

Mulia, Resti (2010) WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING TELEPON ANARA PT TELKOM DENGAN PELANGGAN (Studi Pada PT.Telkom). Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING TELEPON ANARA PT TELKOM DENGAN PELANGGAN (Studi Pada PT.Telkom)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564Kb) | Preview

Abstract

Salah satu sektor yang terpenting dalam bidang perekonomian adalah bidang telekomunikasi yang dikelola oleh BUMN, di mana sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81Yo. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia" dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta. Salah satu wilayah kerja PT.Telkom adalah PT.Telkom Wilayah Sumatera yang dinamakan Divisi Regional I Sumatera pusatnya terletak di Medan, yang dibagi menjadi beberapa cabang. Salah satu cabangnya adalah Kota Padang di mana PT.Telkom Kota Padang ini berkewajiban untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap penyediaan alat telekomunikasi berupa telepon rumah. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pelanggan,seperti pcngisian formulir pcmasangan telepon rumah yang telah dilakukan secara online serta pelanggan harus mengikuti semua perjanjian yang dibuat oleh PT.Telkom Kota Padang yang sebelumnya telah disctujui dan ditandatangani oleh pelanggan. Dalam prakteknya, perjanjian yang dibuat antara PT.Telkom dengan pelanggan sering terjadi wanprestasi seperti keterlambatan pembayaran rekening telepon. Hal ini dapat rncnyebabkan timbulnya pcmbayaran dcnda yang dibcbankan kepada pelanggan dan pemufusan sambungan telepon. Berdasarkan judul skripsi yang penulis buat, maka akan diangkat permasalahan, yaitu: Bagaimana bentuk wanprestasi dalam pembayaran tagihan rekening telepon antara PT.Telkom dengan pelanggan di Kota Padang, apakah akibat hukum yang timbul dengan terjadinya wanprestasi dalam perjanjian pembayaran tagihan rekening telepon antara PT.Telkom dengan pelanggan di Kota Padang, apakah upaya yang dapat dilakukan oleh para pihak dengan terjadinya wanprestasi dalam perjanjian tersebut. Untuk membahas mengenai permasalahan tersebu! maka penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datq studi dokumen, wawancara dengan semi terstruktur, kuesioner dan kemudian diolah dengan proses editing dengan menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif,Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bentuk wanprestasi dalam pembayaran tagihan rekening telepon antara PT.Telkom dengan pelanggan di Kota Padang adalah Pelanggan tidak melakukan pembayaran sama sekali, pelanggan melakukan pembayaran tetapi tidak tepat pada waktunya, pelanggan memenuhi pembayaran rekening telepon tetapi tidak semestinya. Akibat hukum yang timbul dari wanprestasi adalah pelanggan harus membayar biaya keterlambatan, serta dilakukan pemutusan sementara penyaluran tenaga telepon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 08 Jun 2011 02:59
Last Modified: 08 Jun 2011 02:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item