Repository Universitas Andalas

PENGAJUAN KLAIM OBAT YANG DITANGGUNG OLEH PT ASKES TERHADAP PASIEN YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT (STUDI PADA PT ASKES PADANG)

Amelia, Reni (2008) PENGAJUAN KLAIM OBAT YANG DITANGGUNG OLEH PT ASKES TERHADAP PASIEN YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT (STUDI PADA PT ASKES PADANG). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PENGAJUAN KLAIM OBAT YANG DITANGGUNG OLEH PT ASKES TERHADAP PASIEN YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT (STUDI PADA PT ASKES PADANG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (538Kb) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya tingkat pembangunan saat ini membuat masyarakatnya yang sibuk bekerja dengan tingkat mobilitas yang tinggi dan melakukan aktivitas lainnya. Sehingga membutuhkan sarana pelayanan di bidang kesehatan yang memberikan jaminan atas masalah kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatth sakit atau mengalarni kecelakaan. PT Askes merupakan salatr satu perusahaan yang memberikan pelayanan kesehatan khususnya bagi pegawai negeri sipil. Asuransi Kesehatan pada PT Askes juga semua pelayanan-pelayanan yang dibutuhkan dari tempat perawatan sampai masalah p�resepan obat. Dan pada pembahas:rn skripsi ini akan dibahas pengajuan klaim obat yang ditanggung oleh PT Askes Padang. Permasalahan yang dibahas terdiri atas : tata cara dan prosedural pengajuan klaim obat. oenyebab teqladinya klaim obat yang diajukan pasien (peserta Askes) dan cara mengatasinya, dan kendala dalam pelaksanaan klaim obat dan upaya penyelesaian yang ditempuh oleh PT Askes. Adapun metode yang digunakin dalam melakukan penelitian ini adalah bersifat yuridis sosiologis (empiris) yaitu pembahasan yang dititikberatkan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta melihat bagaimana pelaksanaannya di lapangan, kemudian dianalisa secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Dari hasil penelitian dalam pengajuan klaim obat yang ditanggung oleh PT Askes banyak mengalami kendala yang dikarenakan oleh para PPK (Pemberi Pelayanan Kesehatan) yang terlambat mengajukan klaim kepada PT Askes. Selain itu pasien mengeluhkan ketidaktersediaannya obat (DPHO) pada PPK atau Apotik Askes. Dalam hal ini PT Askes berusaha aktif menangani pennasalahan ini dengan melakukan pengawasan serta kontrol berkala terhadap masing-masing PPK (Pemberi Pelayanan Kesehatan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jun 2011 22:23
Last Modified: 05 Oct 2011 06:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item