Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN KECEPATAN OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN KAMERA CMU CAM 3

Aulia, Arif (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN KECEPATAN OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN KAMERA CMU CAM 3. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN KECEPATAN OBJEK BERGERAK MENGGUNAKAN KAMERA CMU CAM 3) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (426Kb) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi sekarang ini telah memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia, dimana perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak membantu pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang banyak dikembangkan saat ini adalah mengukur kecepatan objek bergerak pada sebuah video atau kamera digital, dimana sudut kamera dapat mengetahui kecepatan objek berdasarkan parameter-parameter tertentu. Dalam tugas akhir ini kamera yung digunakan adalah CMU cam 3. Kamera CMU cam 3 berfungsi untuk mendeteksi posisi objek. Posisi objek pada kamera direpresentasikan dengan titik tengah objek. Posisi objek ditransformasikan kedalam piksel kamera. Kamera selanjutnya mengamati pergerakan objek yang merupakan representasi perubahan titik tengah benda. Dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 penghitungan kecepatan pergerakan objek dilakukan dengan membandingkan perubahan titik tengah benda pada kamera terhadap waktu. Satuan yang digunakan piksel/sekon. Konversi kecepatan dalam satuan piksel/sekon kedalam meter per detik menggunakan prinsip kesebangunan segitiga. Kecepatan objek dalam satuan cm/s menjadi data untuk dianalisis. Percobaan dengan objek warna putih, kesalahan pengukuran kecepatan dengan kamera (vc) adalah vc +- 0,0206 cm/s. Percobaan dengan objek warna biru, kesalahan pengukuran kecepatan dengan kamera (vc) adalah vc +- 0,00887 cm/s. Percobaan dengan dua objek bergerak berlawanan hingga berselisih, kesalahan pengukuran waktu dengan kamera (tc) adalah tc +- 0,0043 s. Percobaan dengan dua objek bergerak berlawanan hingga bertabrakan, kesalahan pengukuran waktu dengan kamera (tc) adalah tc +- 0,0038 s. Percobaan dengan dua objek bergerak searah hingga mendahului, kesalahan pengukuran waktu dengan kamera (tc) adalah tc +- 0,0090 s.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jun 2011 21:52
Last Modified: 06 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item