Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KENDALI CERDAS LOGIKA FUZZY PADA PENGISIAN BATERAI UNTUK SISTEM PENGONTROLAN GENERATOR

Ramadhani, Farah (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KENDALI CERDAS LOGIKA FUZZY PADA PENGISIAN BATERAI UNTUK SISTEM PENGONTROLAN GENERATOR. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KENDALI CERDAS LOGIKA FUZZY PADA PENGISIAN BATERAI UNTUK SISTEM PENGONTROLAN GENERATOR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (496Kb) | Preview

Abstract

Penyimpanan pada baterai memiliki proses yang tidak konstan dan cenderung berubah-ubah setiap waktunya, sehingga untuk mencapai efisiensi energi penyimpanan, diperlukan sebuah pengontrolan yang dinamis. Salah satu lagika kontrol yang dapat dipakai untuk mengatur debit arus ke baterai adalah logika fuzzy. Kendali logika fuzzy (Fuzzy Logic Control) merupakan salah sutu metode pengendalian yang bekerja berdasarkan kebiasaan-kebiasaan atau pengalaman yang diwujudkan dalam aturan- aturan yang dinamakan if-then rules. Sistem kendali ini memiliki kelebihan yaitu dia tidak memerlukan model matematis dari plant (objek yang dikendalikan) secara detail sehingga memudahknn dalam perancangan sistem kendali. Dalam tugas akhir ini dirancang dan dibuat sebuah prototipe sistem kendali pengisian baterai berbasis logika fuzzy yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman Delphi. Sistem kendali ini merupakan kendali loop tertutup dimana nilai tegangan keluaran generator akan diumpanbalikkan ke komputer yang berfungsi sebagai pengendali (controller) pada sistem kendali logika fuzzy, sedangkan keluaran sistem kendali ini berupa tegangan kontrol. Sistem kendali ini menggunakan metode PWM (Pulse Width Modulation) untuk mengendalikan daya pengisian baterai. Dengan mengatur siklus tugas (duty cycle) PWM, maka daya ke baterai dapat diatur sesuai kebutuhan sehingga tegangan generator akan kembali ke nilai semula. Pengaturan siklus tugas sinyal PWM ini berdasarksn tegangan kontrol yang dihasilkon oleh sistem kendali logika fuzzy. Dari hasil perancangan ini, diperoleh arus pengisian ke baterai yang sesuai dengan penurunan beban utama dan tegangan keluaran generator yang terkendali (stabil). Arus yang berhasil disimpan ke baterai pada penurunan beban maksimum sekitar 2 A dan error tegangan yang terjadi pada keadaan stabil di bawah 2 % dengan waktu pencapaian kestabilan sekitar 10 detik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jun 2011 21:52
Last Modified: 10 Oct 2011 07:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item