Repository Universitas Andalas

Hubungan antara POla Asuh Permisif Orang Tua dengan Tindakan Seksual Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2010

Marza, Mira (2008) Hubungan antara POla Asuh Permisif Orang Tua dengan Tindakan Seksual Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2010. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara POla Asuh Permisif Orang Tua dengan Tindakan Seksual Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2010) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (484Kb) | Preview

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia yang sedang mangalami perubahan- perubahan yang bersifat psikologis, yang berjalan berkesinambungan sampai usia dewasa. Hormon-hormon seksual berfungsi aktif yang mengakibatkan terjadinya perubahan fungsi dan dorongan seksual yang cukup pesat, pemnan orang tua pun menjadi sangat penting dalam hal ini salah satunya adalah pola asuh orang tua. Pola asuh permisif yang cenderung lebih longgar dapat memberikan kesempatan bagi remaja untuk secara bebas menyalurkan dorongan seksualnya, sehinggapada akhirnya remaja melakukan hubungan seksual pranikah. Penelitian dilaksanakan di SMK Cendana Padang Panjang yang bertujuan mengetahui hubungan antara pola asuh permisif orang tua dengan tindakan seksual remaja. Desain penelitian ini adalah cross sectionsl study, penelitian diadakan bulan Desember 2009 sampai Mei 2010, populasi siswa kelas I, II, sebanyak 200 orang dan pengambilan sampel secara simple random sampling sebanyak 133 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket, data diolah dengan uji kolmogorov smirnov. Hasil penelitian didapatkan bahwa 55,6 % siswa dibesarkan dengan pola asuh permisif 63,9 % siswa pernah melakukan tindakan seksual beresiko dan tidak adanya hubungan yang bermakna antara pola asuh permisif orang tua dengan tindakan seksual remaja dengan nilai (p > 0,05). Saran bagi institusi agar mengambil langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya tindakan seksual yang lebih buruk dengan cara bekerja sama dengan instansi terkait (dinas kesehatan) agar siswa memperoleh informasi yang benar dan perlunya kerja sama dengan orang tua siswa demi kebaikan perilaku seksual remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:31
Last Modified: 04 Oct 2011 02:46
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item