Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN PERSENTASE OLEORESIN JAHE (Zingiber officinale ROSC) PADA PEMBUATAN SIRUP DARI TIGA JENIS JAHE

S, Debi Pranita (2008) PENGARUH PENAMBAHAN PERSENTASE OLEORESIN JAHE (Zingiber officinale ROSC) PADA PEMBUATAN SIRUP DARI TIGA JENIS JAHE. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN PERSENTASE OLEORESIN JAHE (Zingiber officinale ROSC) PADA PEMBUATAN SIRUP DARI TIGA JENIS JAHE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (615Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Penambahan Persentase Oleoresin Jahe (Zingiber officinale Rosc) Pada Pembuatan Sirup Dari Tiga Jenis Jahe" telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, pada bulan Februari sampai bulan April 2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis jahe dan persentase oleoresin jahe yang paling disukai dalam pembuatan sirup oleoresin jahe sehingga mampu menghasilkan sirup yang dapat diterima panelis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 3x5 perlakuan dan 3 ulangan. Faktor percobaan terdiri dari, faktor A yaitu jenis jahe yang terdiri dari A1 (jahe besar), A2 (jahe kecil), A3 (jahe merah) dan faktor B yaitu persentase oleoresin yang terdiri dari B1 (0,4%), B2 (0,6%), B3 (0,8%), B4 (1,0%), B5 (1,2%). Kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Pengamatan dilakukan terhadap jahe kering yaitu kadar air jahe kering. Pengamatan terhadap oleoresin jahe yaitu rendemen, kadar minyak atsiri dan kadar air oleoresin. Terhadap sirup oleoresin dilakukan uji organoleptik meliputi aroma, warna dan rasa. Produk terbaik yang disukai dilanjutkan dengan analisa kadar gingerol, kadar gula, total asam, kekentalan dan kejernihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan A3B1 (jahe merah dengan persentase oleoresin 0,4%) merupakan sirup yang paling disukai dengan nilai kesukaan terhadap warna 3,3 (biasa), nilai kesukaan terhadap aroma 3,15 (biasa) dan nilai kesukaan terhadap rasa 3,9 (suka). Kadar gingerol pada oleoresin jahe merah 32% dan kadar gingerol pada sirup 0%, kadar gula 75%, total asam 0,42%, kekentalan 3,0 poise, % transmitan 85,1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jun 2011 13:36
Last Modified: 06 Oct 2011 08:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item