Repository Universitas Andalas

PERBEDAAN KADAR ZINK (Zn) DALAM DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DAN NON DIABETES MELITUS

ASTIKA , RINI (2008) PERBEDAAN KADAR ZINK (Zn) DALAM DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DAN NON DIABETES MELITUS. Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img]
Preview
PDF (PERBEDAAN KADAR ZINK (Zn) DALAM DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DAN NON DIABETES MELITUS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (669Kb) | Preview

Abstract

Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit yang multifaktorial yang mempunyai dampak yang penting, tidak hanya pada sistem perawatan kesehatan, tapi juga pada kualitas dan harapan hidup pasien. Berbagai radikal bebas, termasuk jenis oksigen reaktif (ROS) dan radikal bebas hidroksil, yang dipicu oleh hyperglycaemia dapat menyebabkan stress oksidatif yang mengakibatkan kerusakan sel beta pankreas. Zn memainkan suatu peran kunci di dalam pengaturan/regulasi produksi hormon insulin oleh pankreas dan pemanfaatan/utilisasi glukosa oleh jaringan otot dan sel lemak. Zink sebagai antioksidan dapat mencegah DM dan komplikasinya. Sejumlah studi memperlihatkan bahwa Zn efektif dalam memperbaiki DMT2 sehubungan dengan komplikasi yang ditimbulkannya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar zink (Zn) dalam darah pada penderita DMT2 dan Non DM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Pascasarjana S2 Biomedik
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 25 Jun 2011 13:35
Last Modified: 05 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

View Item View Item