Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN IKLAN YANG MENYESATKAN DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN

SUKIRMAN, DEFRIANTA (2008) PELAKSANAAN IKLAN YANG MENYESATKAN DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN IKLAN YANG MENYESATKAN DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (621Kb) | Preview

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang cukup strategis keberadaannya, baik dari sudut wilayah maupun jumlah penduduknya, sehingga Indonesia menjadi salah satu pasar yang potensial untuk pemasaran barang dan jasa. Di dalam pemasaran barang dan jasa salah satu hal yang memegang peranan yang penting baik bagi produsen maupun konsumen adalah pemberian informasi produk atau iklan. Bagi produsen, iklan adalah sebagai sarana untuk mengenalkan produknya sehingga pada akhirnya konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Sedangkan bagi konsumen iklan adalah pemberian informasi yang penting keberadaannya sebelum pengambilan keputusan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk yang ditawarkan. Sementara itu dengan lahirnya Undang-undang Nomor 1 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, maka upaya perlindungan konsumen termasuk dari iklan yang menyesatkan dapat lebih maksimal dilaksanakan. Penelitian ini didasarkan adanya keinginan untuk mengetahui tentang bagaimana menentukan kriteria iklan yang menyesatkan, dalam kaitannya dengan perlindungan hukum bagi konsumen, bagaimana pelaksanaan bisnis periklanan termasuk pertanggungjawaban hukumnya serta bagaimana upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen jika dirugikan dengan adanya iklan yang menyesatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:27
Last Modified: 06 Oct 2011 09:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item