Repository Universitas Andalas

Persaingan Antar Sales Perusahaan Farmasi dalam Merebut Penulisan Resep Dokter (Studi Terhadap Sales Tiga Perusahaan Farmasi di Kota Padang)

YASFILLAILI, YASFILLAILI (2008) Persaingan Antar Sales Perusahaan Farmasi dalam Merebut Penulisan Resep Dokter (Studi Terhadap Sales Tiga Perusahaan Farmasi di Kota Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Persaingan Antar Sales Perusahaan Farmasi dalam Merebut Penulisan Resep Dokter (Studi Terhadap Sales Tiga Perusahaan Farmasi di Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (595Kb) | Preview

Abstract

Sales merupakan pekerja yang menjual jasa untuk memasarkan produk-produk perusahaan kepada konsumen yang membutuhkan. Pada perusahaan farmasi, tenaga sales sangat berperan penting dalam mensosialisasikan dan memasarkan produk kepada konsumen. Sales berlomba-lomba memberikan hadiah kepada dokter praktek umum dan spesialis, agar menggunakan obat-obatan dari pabrik yang mereka distributor. Dengan keterbatasan jumlah konsumen dibandingkan jumlah pedagang dalam daerah pemasaran tersebut dan diduga karena mereka mempunyai kepentingan yang sama, maka para produsen harus mempunyai strategi dalam menarik pelanggan sebanyak mungkin, sehingga ada kejadian konsumen yang berpindah dari sales ke sales yang lain dan perusahaan yang lain. Hal ini sedikit banyaknya pasti menimbulkan persaingan diantara sesama sales tersebut. Dalam penelitian ini digunakan teori Pertukaran Perilaku Sosial. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitiannya deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dengan menggunakan purpossive sampling (disengaja). Unit analisisnya adalah sales dari tiga perusahaan farmasi di kota Padang. Analisis data menggunakan metode deskriptif yakni data yang diperoleh dilapangan disusun secara sistematis dan disajikan secara deskriptif, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang fenomena yang terjadi dan akhirnya dapat memberi kesimpulan. Data yang didapat dianalisa dengan teknik trianggulasi yakni sebagai pembanding dari data yang didapat sales perusahaan farmasi yang memasarkan produknya. Dari hasil temuan di lapangan dapat disimpulkan bahwa sales perusahaan farmasi dalam merebut penulisan resep dokter, berlomba-lomba memberikan hadiah kepada dokter praktek umum dan spesialis, agar menggunakan obat-obatan dari pabrik yang mereka distributori. Para sales memberikan hadiah kepada dokter baik berupa uang tunai, mengikutkan seminar bidang kedokteran sampai memberi barang-barang berharga jika para dokter menggunakan obat-obatan yang ditawarkan. Makin banyak resep dokter yang Jiberikan oleh dokter kepada pasien, makin besar bonus yang mereka terima dari perusahaan farmasi. Dalam hubungan sosial diantara para sales dengan sales perusahaan farmasi lain memang terjadi persaingan tapi tidak mengarah kepada sonflik yang berakhir dengan kekerasan. Masing-masing mereka telah memiliki strategi dan pola-pola untuk mendapatkan konsumen, yang mana satu sama lainnya :erdapat perbedaan secara individu rnaupun dari segi perusahaannya. Hubungan rertukaran antara sales dan dokter adalah seimbang. Dimana sales memberikan :ervard dan dokter menuliskan resep untuk pasien. Produk yang ditawarkan sales jipakai dan dokter mendapat hadiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 12 Oct 2011 02:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item