Repository Universitas Andalas

Pengaruh Suhu dan Lama Pengeringan terhadap Karakteristik dari Minuman Instan Buah Jamblang (Syzygium cumini)

Andesta, Nursyafrina (2008) Pengaruh Suhu dan Lama Pengeringan terhadap Karakteristik dari Minuman Instan Buah Jamblang (Syzygium cumini). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Suhu dan Lama Pengeringan terhadap Karakteristik dari Minuman Instan Buah Jamblang (Syzygium cumini)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (556Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Suhu dan Lama pengeringan terhadap Karakteristik dari Minuman Instan Buah Jamblang telah dilakukan di Laboratorium Kualitatif dan Kuantitatif dan Labor Mikrobiologi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas pada bulan Mei sampai Juli 2010. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap karakteristik dari produk minuman instan buah jamblang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan masing-masing faktor terdiri dari 2 taraf. Percobaan dilakukan dalam 3 kali ulangan untuk tiap kombinasi perlakuan. Faktor pada penelitian adalah A suhu pengeringan; B lama pengeringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman instan dari perlakuan A1B1 (suhu 60'C dan lama pengeringan 3 jam) merupakan produk terbaik berdasarkan organoleptik. Minuman instan ini memiliki kadar vitamin C 5,76 mg/100g bahan, kadar air 4,54%, bagian yang tidak larut air 9,28%, kadar gula 28,06%, serat kasar 0,52% dan total antosianin 0,24%. Nilai kesukaan terhadap warna 4,09 (suka); aroma 3,33 (biasa); rasa 3,45 (biasa).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:50
Last Modified: 05 Oct 2011 07:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item