Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI ULANG PEMANTAUAN PERBAIKAN GANGGUAN TELEPON BERBASIS SMS GATEWAY DAN POSTGRESQL.

NOVID. , IGOR (2008) IMPLEMENTASI ULANG PEMANTAUAN PERBAIKAN GANGGUAN TELEPON BERBASIS SMS GATEWAY DAN POSTGRESQL. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI ULANG PEMANTAUAN PERBAIKAN GANGGUAN TELEPON BERBASIS SMS GATEWAY DAN POSTGRESQL. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (668Kb) | Preview

Abstract

Satu sistem informasi pemantauan perbaikan gangguan telepon telah dibangun. Sistem iformasi ini berguna untuk memantau kinerja dari petugas lapangan dalam melakukan perbaikan gangguan. Dengan bagusnya kinerja yang dilakukan oleh petugas lapangan dapat membuat pelanggan pengguna jasa telepon menjadi puas dan nyaman menggunakan layanan. Selain itu, Sistem informasi ini mampu menjawab persoalan utama gangguan telepon, yaitu siapa yang mengalami gangguan telepon, dimana lokasi pelanggan yang mengalami gangguan tersebut dan DP mana telepon dicatu, apa jenis gangguan yang dialami oleh pelanggan telepon tersebut dan baqaimana status perbaikan yang dilakukan petugas. Persoalan - persoalan ini dijadikan query yang diimplementasikan. Metodologi rekayasa perangkat lunak waterfall terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisa permasalahan, desain, pembuatan kode dan pengujian digunakan dalam kajian ini. Sistem informasi ini diimplementasi ulang berdasarkan sistem yang telah dibuat oleh Alfi Syukri (2008). Hal ini disebabkan karena pada sistem yang sebelumnya masih menggurakan dua software yang berbeda. Untuk data atribut masih menggunakan FOXBASE yang belum dapat dikatakan sebagai database, sedangkan data spatial menggunakan Maplnfo. Kedua kedua jenis software yang digunakan ini merupakan software berbayar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengimplementasian ulang terhadap prototipe sistem informasi ini dengan menggunakan data basee yang lebih baik dari PostgreSQL yang bersifat OpenSource yang mampu menyimpan data atribut sekaligus data spatial, sedangkan untuk menampilkan peta lokasi pelanggan digunakan MapServer yang juga bersifat OpenSource. Prototipe sistem informasi yang diimplementasi ulang inijuga mampu menjawab Query apa jenis gangguan, siapa petugas yang menangani keluhan pelanggan, bagaimana kemajuan penanganan keluhan pelanggan, dan dimana lokasi terjadinya gangguan. Software yang digunakan untuk mengimpelementasi uiang sistem ini adalah Visual Basic 6.0, PostgreSQL dan Mapserver. Dari pengujian yang dilakukan, disimpulkan bahwa hasil implementasi ulang ini telah sesuai dengan kebutuhan darisistem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:48
Last Modified: 04 Oct 2011 02:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item