Repository Universitas Andalas

Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang dengan Perspektif Bolanced Scorecard

Rahmawati, Susi (2008) Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang dengan Perspektif Bolanced Scorecard. Other thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang dengan Perspektif Bolanced Scorecard) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (531Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang Strategi Peningkatan Kinerja Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang dengan perspektif Balanced Scorecard. Sebagai sebuah inti manajemen strategis, Balanced Scorecard memiliki keunggulan yaitu dapat memotivasi personil untuk berpikir dan bertindak strategik dalam membawa perusahaan menuju masa depan, menghasilkan total bustness plan yang komprehensif, koheren dan terukur. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi peningkatan kinerja, menentukarrposisi rumah sakit, altematif strategi dan strategi terpilih peningkatan kinerja bagi itumah Sakit Islam Siti Rahmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis data primer dan sekunder. Informan adalah para penentu kebijakan di manejemen rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang, melalui wawancara mendalam din Concensuss Decision Making Group (CDMG), dilaksanakan bulan Januari 2011. Hasil CDMG dievaluasi menggunakan SWOT dengan kerangka Balanced Scorecard, setelah itu dilakukan pembobotan dengan menggunakan IFE, EFE dan TowS matriks, kemudian dilakukan analisa Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan strategi terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Rumah Sakit Islam Siti Rahmah pada matriks TOWS ada pada Future quadrant dan pada matriks IE berada di kotak sel V Hold and Maintain. Dari hasil tersebut maka ditetapkan strategi adaLah market penetration dan product development. Dengan menggunakan QSPM didapatkan altematif strategi terpilih yaitu memberikan pelatihan komunikasi dan pendidikan pelatihan berkelanjutan kepada seluruh karyawan RSI siti Rahmah dan membuat sistem paket operasi dan rawatan. Direkomendasikan kepada pihak manajemen Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang agar melakukan sosialisasi perencanaan strategis yang telah dibuat kepada seluruh karyawan, memperkuat fungsi manajen"n te]utama pimpinan puncak, membuat perencanarm kerja yang terarah di semua unit, pengelola Sumber Daya Manusia dengan memberikan pelatihan dan pendidikan serta kesejahteraan yang lebih baik, membuat/orecasting (peramalan) pengadaan peralatan, melakukan audit keuangan dengan auditor independen (kantor atuntan publik), dan membuat ikatan kerjasama dengan pemasok untuk mendukung kelancaran pelayanan kesehatan di Rumah sakit Islam siti Rahmah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:30
Last Modified: 10 Oct 2011 03:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item