Repository Universitas Andalas

EVALUASI KINERJA KERETA API PADANG-PARIAMAN BERDASARKAN PENILAIAN PENUMPANG.

Fikra., Ridha (2008) EVALUASI KINERJA KERETA API PADANG-PARIAMAN BERDASARKAN PENILAIAN PENUMPANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI KINERJA KERETA API PADANG-PARIAMAN BERDASARKAN PENILAIAN PENUMPANG. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (254Kb) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya jenis moda transportasi yang dapat digunakan oleh masyarakat akan diiringi dengan persaingan antar moda tersebut dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Masing-masing moda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. pada jalur padang- Pariaman, kereta api merupakan salah safu moda alternatif selain bis dan mobil umum. Saat ini jalur tersebut dilayani oleh PT.Kereta Api (persero) dengan pengoperasian KA Si Binuang kelas ekonomi. Dalam hal ini pT. Kereta Api (Persero) dituntut untuk meningkatkan kine{a yang dapat dilihat pada faktor- faktor pelayananny4 seperti kecepatan operasi, kelambatan kereta, frekuensi pelayanan, load factor, tarif, kenyamanan, pelayanan informasi dan keamanan sehingga akan dicapai tingkat yang optimal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan cara penyebaran kuisioner untuk mengetahui karakteristik dan penilaian penumpang terhadap kinerja pelayanan kereta api. Pengolahan data primer ini dilakukan dengan menggunakan metoda statistik pengubahan data ordinal ke data interval agar data yang diperoleh dapat menjadi keterangan yang bermanfaat dengan kategori penilaian baik, cukup dan buruk. Di samping itu juga diambil data operasional yang berkaitan dengan ketepatan waktu. sedangkan data sekunder didapatkan dari data yang berasal dari instansi terkait yaitu PT. Kereta Api (persero) berupa data operasional pada kurun waktu tertentu. Hasil pengolahan kedua data tersebut kemudian dianalisa untuk meaentukan kinerja kereta api padang- Pariaman. Setelah itu, dari analisis kinerja kereta api yang dirasakan oleh penumpang pada setiap variabel diperoleh hasil bahwa pada variabel kenyamanan, keamanan, taril dan pelayanan informasi sudah dirasakan cukup memuaskan atau baik (3,01-4), sedangkan pada variabel ketepatan waktu masih dirasakan kurang memuaskan/buruk (l-1,66). Kemudian hasil tersebut divalidasi dengan hasil analisa dari data operasional. Dengan hasil yang didapatkan diharapkan dapat membantu pT. Kereta Api (persero) untuk menentukan langkah yang harus dilakukan dalam proses peningkatan kinerja dan pelayanan KA Padang-Pariaman. Kata Kunci: Kereta Api Padang-Pariaman, Kine{a Kereta Api, penilaian Penumpang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:29
Last Modified: 07 Oct 2011 04:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15267

Actions (login required)

View Item View Item