Repository Universitas Andalas

Pengumpulan dan pengarsipan Obat-Obat Tradisional Kanagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota

Yasir, Ahmad (2008) Pengumpulan dan pengarsipan Obat-Obat Tradisional Kanagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Pengumpulan dan pengarsipan Obat-Obat Tradisional Kanagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan mengenai obat-obat tradisional yang ada di Kanagarian Baruah Gunuang. Penelitian ini dilakukan atas dasar pemahaman bahwa obat tradisional bisa hilang oleh kemajuan zaman, hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi dan pendidikan. Padahal obat- obat tradisional memiliki manfaat yang cukup besar bagi masyarakat yang ada di Kanagarian Baruah Gunuang. Pewarisan obat tradisional ini biasanya dilakukan secara lisan yakni disebarkan melalui tutur kata dari mulut ke mulut dan dari satu generasi ke generasi lainnya, agar obat tradisional tersebut tidak hilang dan punah tanpa dapat diketahui oleh generasi sekarang, dan generasi yang akan datang, maka pengumpulan dan pengarsipan obat-obat tradisional menjadi sangat penting dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode folklor. Penelitian folklor terdiri dari pengumpulan untuk kepentingan inventarisasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan alat bantu berupa kamera dan alat untuk mencatat hasil penelitian. Penelitian yang dilakukan di Kanagarian Baruah Gunuang didapatkan 17 macam obat-obat tradisioanl yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ramuan hadisional yang dianggap berkhasiat ini merupakan peninggalan kebudayaan dan tradisi turun-temurun dari dahulu sampai sekarang yang sangat berguna dan bermanfaat bagi manusia yang menderita berbagai macam penyakit. Masyarakat Kanagarian Baruah Gunuang menganggap bahwa ramuan tradisional merupakan pertolongan pertama bagi penderita penyakit yang didasarkan atas kepercayaan dan keyakinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:24
Last Modified: 12 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item