Repository Universitas Andalas

Pembuatan Selai Lembaran Dari Campuran Pepaya (Carica Papaya L) Dan Jonjot Labu Kuning (Cucurbita Moschata)

Danil, Danil (2008) Pembuatan Selai Lembaran Dari Campuran Pepaya (Carica Papaya L) Dan Jonjot Labu Kuning (Cucurbita Moschata). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (Pembuatan Selai Lembaran Dari Campuran Pepaya (Carica Papaya L) Dan Jonjot Labu Kuning (Cucurbita Moschata)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Pembuatan Selai Lembaran Dari Campuran Pepaya (Carica papaya L) Dan Jonjot Labu Kuning (Cucurbita moschata) telah dilaksanakan di laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan Januari sampai Februari 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencampuran daging buah pepaya dengan jonjot labu kuning yang tepat sehingga diperoleh selai lembaran yang bermutu baik, untuk mengetahui nilai gizi dari selai lembaran pepaya dan jonjot labu kuning dan untuk mengetahui tingkat penerimaan panelis terhadap produk. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan tersebut adalah A (Pepaya 90 : Jonjot labu kuning 10), B (Pepaya 80 : Jonjot labu kuning 20), C (Pepaya 70 : Jonjot labu kuning 30), D (Pepaya 60 : Jonjot labu kuning 40), E (Pepaya 50 : Jonjot labu kuning 50). Pengamatan yang dilakukan pada selai lembaran meliputi analisa kimia yaitu kadar air, kadar gula, kadar pektin, kadar serat kasar dan analisa fisik yaitu uji kekuatan lembaran serta uji organoleptik terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur dianalisa dengan sidik ragam, kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan's Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencampuran pepaya dan jonjot labu kuning berpengaruh terhadap kadar air, kadar serat, kadar pektin dan kadar gula tetapi tidak berpengaruh terhadap total asam dan kekuatan lembaran. Perlakuan terbaik adalah perlakuan B (Pepaya 80 : Jonjot labu kuning 20), dengan nilai rata-rata : warna 3,70 (suka), aroma 3,85 (suka), rasa 3,95 (suka), tekstur 3,40 (biasa), dengan kadar air 45,369 %, total asam 3,895 %, kadar serat 4,743 % kadar pektin 4,564 %, kadar gula 24,966 %, dan kekuatan lembaran 1,109 N/cm2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jul 2011 05:33
Last Modified: 03 Oct 2011 06:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item View Item