Repository Universitas Andalas

ANALYZING ALL POSSIBLE WORDS HIDDEN IN THE DEEP STRUCTURES OF THE HEADLINES IN THE JAKARTA POST

HASIBUAN, PRIMANIA PUTRI (2010) ANALYZING ALL POSSIBLE WORDS HIDDEN IN THE DEEP STRUCTURES OF THE HEADLINES IN THE JAKARTA POST. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (ANALYZING ALL POSSIBLE WORDS HIDDEN IN THE DEEP STRUCTURES OF THE HEADLINES IN THE JAKARTA POST) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas semua kata yang mungkin tersembunyi di struktur dalam sebuah headline yang terdapat dalam koran Jakarta Post periode 12 Januari – 6 Februari 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa semua kata-kata yang tidak dimunculkan oleh penulisnya di dalam headline dengan menggunakan pendekatan TGG (Transformational Generative Grammar). Teori yang digunakan untuk menganalisis data tersebut adalah teori Huddleston (1976) dan Broderick (1975) dengan cara mengelompokkan satuan kata ke dalam konstituen terakhir nya masing-masing (PS rules) kemudian mengembalikannya kembali ke headline menggunakan kaidah transformasi. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini. Tahap pertama, data dikumpulkan dengan metode observasi. Data dianalisis dengan metode agih. Hasil penelitian disampaikan dengan menggunakan metode informal dan formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 data yang di ambil dari koran Jakarta Post terdapat 57 kata yang tersembunyi pada struktur dalam headline yang berbeda dan terbagi dalam tujuh kelas kata, yaitu kata sandang (determiner), kata depan (preposition), kata hubung dalam klausa (complementizer), kata hubung (conjunction), kata bantu (auxiliary verb), kata benda (noun) dan kata kerja (verb). Kelas kata yang paling banyak muncul adalah kata bantu (auxiliary verb) yakni, semua data yang ada (kecuali data ke 5) memiliki kata bantu yang tersembunyi di struktur dalam headline. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa dari semua kata-kata yang tersembunyi di dalam struktur dalam headline yang terdapat pada koran Jakarta Post, kata bantu (auxiliary verb) adalah yang dominan muncul yaitu sebanyak 25 kali. Hal tersebut muncul karena terjadinya perubahan bentuk kalimat di dalam pembuatan headline.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 09:10
Last Modified: 25 Jan 2012 09:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item