Repository Universitas Andalas

EVALUASI IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PADANG NOMOR 11 TAHUN 2005 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT

DEFRIAL, FAUZI (2014) EVALUASI IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PADANG NOMOR 11 TAHUN 2005 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (265Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (91Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK FAUZI DEFRIAL, 07193032, Jurusan Ilmu Politik, FISIP-UNAND Padang, Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Pembimbing I: Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA, Pembimbing II: Andri Rusta S.IP, M.PP. Penertiban Pedagang Kaki Lima disekitar kawasan Bundaran Air Mancur Pasar Raya Padang merupakan tindakan lanjutan dari Pemerintah Kota Padang dalam rangka mengimplementasikan isi pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Akan tetapi dalam pengimplementasian Peraturan Daerah tersebut terdapat beberapa masalah sehingga membuat pengimplementasian yang dilakukan tidak berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi dari implementasi pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Terdapat sebuah teori untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yaitu: teori evaluasi versi William N. Dunn dengan jenis evaluasi proses retrospektif. Teori ini terdiri dari 6 variabel yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan etik dan emik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengimplementasian pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat tidak berjalan dengan maksimal sesuai dengan tujuan dari diterbitkannya Peraturan Daerah tersebut, karena pengimlementasiannya terkendala oleh kurangnya jumlah personel pengawas PKL dan kurangnya koordinasi diantara dinas-dinas terkait yang memiliki kewenangan dalam mengurus penegakan Perda disekitar kawasan Bundaran Air Mancur tersebut serta tidak adanya solusi konkrit dari Dinas-dinas terkait dalam menanggulangi PKL di sekitar kawasan Bundaran Air Mancur. Hal tersebut memberi dampak terhadap efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan dan ketepatan dari implementasi Peraturan Daerah tersebut. Akibatnya jumlah PKL di sekitar kawasan Bundaran Air Mancur semakin banyak dan mengganggu ketertiban umum di sekitarnya. Selain itu kegagalan implementasi pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005 juga disebabkan oleh ketidakpuasan para pedagang kaki lima terhadap implementasi pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2005, yang mereka nilai kurang memberikan manfaat dan solusi bagi mereka, hal ini memberi dampak terhadap responsivitas dari implementasi Paraturan Daerah tersebut. Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi, Pedagang Kaki Lima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:39
Last Modified: 12 Apr 2014 04:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

View Item View Item