Repository Universitas Andalas

Pengaruh Perbedaan Suhu Pada Proses Ekstraksi Cara Pengempaan Terhadap Rendemen dan Sifat Kimia Fisika Minyak Buah Picung (Pangium edule REINW)

Rawitra, Febri (2014) Pengaruh Perbedaan Suhu Pada Proses Ekstraksi Cara Pengempaan Terhadap Rendemen dan Sifat Kimia Fisika Minyak Buah Picung (Pangium edule REINW). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (294Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Pengaruh Perbedaan Suhu Pada Proses Ekstraksi Cara Pengempaan Terhadap Rendemen dan Sifat Kimia Fisika Minyak Buah Picung (Pangium edule REINW)” ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas pada bulan Juni 2011 – Agustus 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu ekstraksi minyak pada buah picung terhadap rendemen dan sifat kimia fisika minyak buah picung yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbedaan suhu pada proses ekstraksi cara pengempaan minyak buah picung yaitu suhu ruang, 45 0 , 65 0 C, 85 0 C dan 105 0 C. Data yang diperoleh dianalisis keragamannya, jika berbeda nyata terhadap data tersebut dilakukan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test pada taraf nyata 5%. Pengamatan yang dilakukan meliputi rendemen minyak, kadar asam lemak bebas, bilangan peroksida, bilangan penyabunan, kadar air, warna, bobot jenis, dan indek bias. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa suhu pada proses ekstraksi berpengaruh terhadap rendemen minyak, kadar asam lemak bebas, bilangan peroksida, absorban warna, bobot jenis, indek bias, namun berpengaruh tidak nyata terhadap bilangan penyabunan. Perlakuan terbaik yaitu diperoleh dari perlakuan C (pengempaan pada suhu 65 0 C) dengan rendemen minyak 29.19 %, kadar asam lemak bebas 5.49 %, bilangan peroksida 0.67 meq, bilangan penyabunan 188.34 mg KOH/mg minyak, kadar air 2.11%, absorban warna 1.9083 (pada panjang gelombang 350 nm), bobot jenis 0.907 g/ml, dan indek bias 1.4533. Kata Kunci : Picung (Pangium edule REINW), Lemak Minyak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:42
Last Modified: 12 Apr 2014 04:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item