Repository Universitas Andalas

IMPLEMENTASI PERDA KOTA PADANG PANJANG NO 8 TAHUN 2009 TENTANG KAWASAN TANPA ASAP ROKOK DAN KAWASAN TERTIB ROKOK (Studi Pada Kawasan Tanpa Asap Rokok di RSUD Kota Padang Panjang)

FITRIANITA, FITRIANITA (2014) IMPLEMENTASI PERDA KOTA PADANG PANJANG NO 8 TAHUN 2009 TENTANG KAWASAN TANPA ASAP ROKOK DAN KAWASAN TERTIB ROKOK (Studi Pada Kawasan Tanpa Asap Rokok di RSUD Kota Padang Panjang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi)
Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (411Kb) | Preview

Abstract

FITRIANITA, No. BP: 0810841007, Implementasi Peraturan Daerah Kota Padang Panjang No 8Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok (Studi pada Kawasan Tanpa Asap Rokok di RSUD Kota Padang Panjang), Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2014. Dibimbing oleh: Kusdarini, S.IP, M.PA dan Roza Liesmana S.IP, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 153 halaman dengan referensi 9 buku teori, 9 buku metode, 1 skripsi, 7 dokumen, dan 7 website internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 8 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok di RSUD Kota Padang Panjang. Perda ini bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya asap rokok, membudayakan hidup sehat dan menekan pertumbuhan perokok pemula. Penelitian ini di lakukan di RSUD Kota Padang Panjang dilatar belakangi oleh banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan Perda ini di RSUD Kota Padang Panjang berdasarkan razia penegakan Perda yang dilakukan oleh Satpol PP Padang Panjang di seluruh wilayah SKPD di Kota Padang Panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk melihat kinerja tersebut dari hasil penelitian, maka dilakukan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan model implementasi Donald S. Van Meter dan Carl S. Van Horn. Pelaksanaan Perda Kota Padang Panjang No 8 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok di RSUD Kota Padang Panjang sudah berjalan cukup efektif berdasarkan teori implementasi Van Meter dan Van Horn. Isi kebijakan sudah dipahami oleh para implementor, sumber daya manusia dan finansial yang sudah memadai, komunikasi dan koordinasi sudah berjalan dengan baik, baik internal maupun ekstenal, telah memiliki pedoman dalam pelaksanaannya, mendapat dukungan politik serta para implementor telah memiliki disposisi yang baik untuk mendukung pelaksanaan Perda No 8 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok di RSUD Kota Padang Panjang.Berdasarkan hasil temuan di lapangan sudah jarang ditemukan orang yang merokok di RSUD Kota Padang Panjang, ini menunjukan implementasi Perda ini sudah berjalan cukup efektif di RSUD Kota Padang Panjang. Meskipun dalam pelaksanaannya masih ditemukannya kendala seperti susahnya merubah kehidupan sosial masyarakat untuk berhenti merokok karena mereka menganggap rokok sebagai budaya Minang, tidak adanya sanksi yang diberikan kepada siperokok yang tercantum di dalam Perda Kota Padang Panjang No 8 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok dan Kawasan Tertib Rokok sehingga masih ditemukan orang yang merokok secara sembunyi-sembunyi di kawasan RSUD Kota Padang Panjang. Kata Kunci: Implementasi, Kawasan Tanpa Asap Rokok, Kawasan Tertib Rokok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Agustiadi rd agustiadiRudi
Date Deposited: 19 May 2014 04:14
Last Modified: 19 May 2014 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item