Repository Universitas Andalas

STABILITAS FORMULA Bacillus subtilis ISOLAT RZ 2L2 K YANG DISIMPAN PADA WAKTU DAN SUHU BERBEDA DALAM PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU DAN HAWAR DAUN STEWART (Pantoea stewartii subsp. stewartii) PADA TANAMAN JAGUNG

SESTRIA, NORA (2014) STABILITAS FORMULA Bacillus subtilis ISOLAT RZ 2L2 K YANG DISIMPAN PADA WAKTU DAN SUHU BERBEDA DALAM PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU DAN HAWAR DAUN STEWART (Pantoea stewartii subsp. stewartii) PADA TANAMAN JAGUNG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (74Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penyakit layu dan hawar daun Stewart pada tanaman jagung disebabkan oleh serangan Pnss. Serangan Pnss mengakibatkan penurunan kualitas benih jagung. Salah satu alternatif pengendalian Pnss yaitu menggunakan Bacillus subtilis isolat RZ2L2K. Agens hayati yang telah terbukti berpotensi untuk pengendalian patogen tanaman perlu diformulasi. Salah satu bahan formula yang dapat digunakan dalam formulasi agen hayati adalah tepung tapioka. Penelitian tentang formulasi Bacillus subtilis isolat RZ2L2K pada waktu dan suhu berbeda dilakukan mulai bulan Agustus sampai Desember 2011. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh waktu dan suhu penyimpanan agar formula Bacillus subtilis isolat RZ 2L2 K tetap stabil dalam pengendalian penyakit layu dan hawar daun Stewart. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua belas perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan merupakan gabungan dari perbedaan lama penyimpanan formula B. subtilis isolat RZ 2L2K (0, 2, 4 dan 6 minggu) dan perbedaan suhu : lemari es (5 0 C), ruang AC (23 0 C) dan suhu kamar (26-30 0 C). Variabel yang diamati adalah viabilitas Bacillus subtilis isolat RZ 2L2 K setelah disimpan pada waktu dan suhu berbeda, masa inkubasi, persentase daun terserang, intensitas daun terserang dan pertumbuhan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula B. subtilis isolat RZ 2L2K yang disimpan selama 2 minggu pada suhu kamar (26-30 0 C) memperlihatkan pengaruh yang baik dalam pengendalian penyakit layu dan hawar daun Stewart serta dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dengan rata-rata efektivitas 37,20% dan 1,92%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:42
Last Modified: 12 Apr 2014 04:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19639

Actions (login required)

View Item View Item