Repository Universitas Andalas

ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN AYAM PETELUR DI KABUPATEN AGAM (STUDI KASUS : NURISPA FARM)

MASTRI, WIKER (2014) ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN AYAM PETELUR DI KABUPATEN AGAM (STUDI KASUS : NURISPA FARM). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (cover)
Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (abstrak)
Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF (bab 1)
Download (206Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis profil pemasok dan pelanggan, marketing relationship dan dampaknya terhadap penerapan Supply Chain Management. Penelitian dilakukan pada perusahaan Nurispa Farm dari tangal 14 Maret-14 Mei 2012, menggunakan metode studi kasus dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nurispa Farm sudah bekerjasama dengan 7 perusahaan supplier sarana produksi yaitu, Agen jagung di Pasaman dan Silaut, King’s Ps, toko Sinar Alido, PT. Sanbe Farma, Bengkel Logam Pelita Service dan PT. Cendana Putra Lestari, serta 4 pelanggan yaitu, koperasi KRSA, toko kue Bronis Kukus, toko Patrisia dan toko Joko. Profil pemasok pakan (jagung) merupakan agen pengumpul jagung di Pasaman dan Silaut, pemasok kandang baterai adalah perusahaan yang menyediakan berbagai peralatan kandang ayam, pemasok ikan merupakan toko yang menyediakan berbagai macam ikan kering, pemasok Egg-tray adalah perusahaan yang sudah berbadan hukum dan pemasok konsentrat merupakan perusahaan yang menyediakan kebutuhan peternakan ayam petelur. Profil pelanggan adalah agen telur, koperasi yang mensupply kebutuhan rumah sakit dan toko kue. Marketing relationship antara Nurispa Farm dengan mitra bisnisnya memiliki hubungan erat (koordinatif). Dampak marketing relationship dalam penerapan supply chain management, berdasarkan enam indikator penerapan supply chain management adalah, semakin tinggi nilai kecenderungan marketing relationship akan berpengaruh terhadap keefektifan penerapan supply chain management hal ini terlihat dari telah terlaksananya enam dasar supply chain management yaitu fokus pada pelanggan, komunikasi yang terbuka, menciptakan dan menyebarkan nilai, sistem manajemen mutu yang efektif, efektifitas dan efisiensi logistik, membangun hubungan baik dengan mitra bisnis. Kata kunci : Marketing relationship, Supply chain management, Supplier, koordinatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QF Animal Science
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: cecem cempaka cecem
Date Deposited: 20 May 2014 01:47
Last Modified: 20 May 2014 01:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20135

Actions (login required)

View Item View Item